Sabtu, 31 Maret 2018

Kelebihan dan Kekurangan Antivirus Smadav



Smadav adalah perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menyebar di Indonesia.

Biasanya antivirus tidak bisa di-install bersamaan dengan antivirus lainnya, dikarenakan antivirus dirancang untuk menjadi pelindung utama dari virus pada sebah sistem komputer.

Namun tidak demikian dengan antivirus Smadav, dimana antivirus ini dirancang sebagai proteksi tambahan untuk sistem komputer

Sehingga bisa dipastikan dapat berjalan dengan baik meskipun sudah ada antivirus lain yang ter-instal di sistem komputer, dengan kata lain Smadav berfungsi sebagai lapis kedua setelah antivirus utama yang ter-instal pada PC.

4 Fungsi Utama Smadav :
1.   Proteksi tambahan untuk komputer Anda, 100% kompatibel dengan antivirus lainnya!
Sebagian besar antivirus tidak bisa di-install bersama antivirus lainnya, itu karena antivirus tersebut didesain untuk proteksi utama pada komputer Anda.

Berbeda dengan Smadav, Smadav adalah tipe antivirus yang di-desain sebagai proteksi tambahan

Sehingga 100% kompatibel dan dapat berjalan dengan baik walaupun sudah ada antivirus lain di komputer Anda. Dalam hal ini Smadav berfungsi sebagai lapisan pertahanan kedua.

Smadav mempunyai caranya sendiri (behavior, heuristic, dan whitelisting) dalam mendeteksi dan membersihkan virus sehingga akan lebih meningkatkan keamanan di komputer tersebut.

Karena penggunaan resource Smadav yang sangat kecil, Smadav tidak akan menambah berat kinerja komputer Anda dalam penggunaannya.

Jadi, dengan perpaduan proteksi antara Smadav dan antivirus yang sudah ter-install di komputer Anda akan semakin memperkuat pertahanan komputer Anda dari infeksi virus.

2.   Best USB Antivirus (Proteksi Total USB Flashdisk)
USB Flashdisk adalah salah satu media penyebaran virus terbesar di Indonesia. Smadav mempunyai teknologi khusus untuk pencegahan total virus yang menyebar via USB Flashdisk.

Misi Smadav adalah 100% tidak ada lagi infeksi virus dari flashdisk. Smadav mempunyai cukup banyak signature virus yang menginfeksi flashdisk.

Smadav juga mempunyai kemampuan khusus untuk mendeteksi virus baru di flashdisk walaupun belum ada di database Smadav.

Tidak hanya pencegahan, Smadav juga mampu membersihkan virus yang menginfeksi dan mengembalikan file yang disembunyikan virus di USB Flashdisk tersebut

3.   Best for offline use (tidak perlu update terlalu sering)
Smadav sangat baik digunakan untuk komputer yang jarang atau bahkan tidak terkoneksi ke internet.

Smadav tidak perlu melakukan update sesering antivirus lainnya yang biasanya melakukan update per minggu bahkan per hari. Smadav biasanya melakukan update hanya sebulan sekali (monthly).

Smadav tidak terlalu tergantung pada signature/database virusnya, tapi lebih bergantung kepada teknik deteksi behavior, heuristic, dan whitelisting.

4.   Cleaner dan tools untuk membersihkan virus
Smadav juga mampu membersihkan virus yang sudah menginfeksi komputer dan memperbaiki registry yang diubah oleh virus tersebut.

Antivirus lainnya biasanya tidak melakukan pembersihan registry sehingga komputer belum kembali normal setelah dibersihkan antivirus tersebut.

Banyak tools pendukung yang disertakan di Smadav sebagai senjata untuk melakukan pembersihan virus.

Catatan : Tidak semua tipe virus bisa dibersihkan Smadav, Smadav saat ini masih belum mampu membersihkan tipe virus penginfeksi program atau tipe rootkit (misalnya : virus Ramnit, Sality, Alman, Virut, dll.) karena jenis virus ini sudah merusak sebagian besar file program Anda.

Fokus kami saat ini adalah pembersihan tuntas untuk tipe virus selain dua tipe tersebut (misalnya : virus WormShortcut, Serviks, MSO, Brontok, dll.)


A.  Sejarah Antivirus Smadav
Smadav adalah perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menyebar di Indonesia. 

Antivirus ini memiliki versi gratis dan berbayar setelah sebelumnya sempat berupa perangkat lunak derma.

Nama Smada diambil dari singkatan nama sekolah pembuatnya, yaitu SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, sedangkan AV merupakan singkatan dari antivirus

Smadav dibuat oleh Zainuddin Nafarin pada tahun 2006 saat masih berstatus sebagai siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, berkat perkenalannya dengan bahasa pemrograman Visual Basic di laboratorium komputer sekolahnya.

Pengembangan Smadav sempat tertunda akibat kesibukannya dalam bidang akademis hingga tahun 2008 saat ia mulai kuliah di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Dalam perkembangannya, Smadav dikembangkan bersama-sama dengan para sukarelawan secara daring.

Fitur yang ditawarkan oleh antivirus ini antara lain Smad-Lock dan SmaRTP. Smad-Lock merupakan folder yang berfungsi untuk mengamankan file dalam alat penyimpanan data dari serangan virus

Sedangkan SmaRTP berfungsi untuk mencegah eksekusi file virus dari alat penyimpanan data.


B.  Kelebihan dan Kekurangan Antivirus Smadav
1)   Teknologi SmarTP(Smart Protection)
Teknologi yang diusung developer smadav ini membuat antivirus buatannya menjadi antivirus teringan di dunia. itu disebabkan karena kecilnya penggunaan resource pada komputer.

Hal itu membuat antivirus smadav menjadi cepat dan dapat digabungkan dengan berbagai macam antivirus lain (double Antivirus).

2)   Top Flashdisk Security
Fitur seperti autoscan saat flashdisk baru dicolokkan ke komputer anda dapat membuat virus-virus langsung terdeteksi dan mencegah penularan virus-virus.

Seperti yang kita tahu bahwa Flashdisk merupakan media yang paling sering menularkan virus dari satu komputer ke komputer lainnya.

3)   Friendly Offline User
Untuk pengguna yang jarang menggunakan jaringan internet atau malas mendapatkan notif update setiap saat, maka Smadav adalah pilihan yang tepat bagi komputer anda.

Hal itu karena smadav sendiri jarang melakukan update. Namun jika sekali melakukan update, smadav akan serius melakukannya/ langsung update dengan database yang banyak dan besar.

4)   Tidak menghapus aplikasi sembarangan
Bagi yang Menggunakan Avg Antivirus maka akan mengalami masalah ini yaitu terkadang file .exe akan terhapus atau tidak dapat digunakan meskipun kita telah memberikan izin file tersebut dari AvG.

Nah untuk smadav masalah ini dapat diatasi karena smadav tidak menganggap file .exe sebagai virus dan jikapun ada, maka file tersebut akan dikarantina terlebih dahulu.

5)   Dapat melakukan Registry cleaning
Smadav dapat melakukan pembersihan dan perbaikan registry sehingga performa komputer anda dapat meningkat. Smadav juga tidak perlu memasang aplikasi lain jika ingin melakukan cleaning registry.


1)   Hanya dapat menghapus virus lokal
Karena Smadav merupakan produk lokal, maka smadav sangat kuat pada virus-virus lokal.

Namun sangat lemah atau tidak bisa berkutik jika bertemu dengan virus-virus asing. Hal ini dapat kita atasi dengan menggabungkan smadav dengan antivirus lainnya.


C.  Cara Menggunakan Antivirus Smadav
1)   Buka file antivirus smadav yang telah Anda download, kemudian klik dua kali file tersebut untuk membuka dan menjalankannya.
2)   Akan muncul tampilah SELECT SETUP LANGUAGE. 
Tampilan ini adalah pemilihan bahasa sesuai keinginan Anda. Ada dua bahasa yang bisa Anda gunakan, yaitu inggris dan bahasa Indonesia. Jadi, saran saya pilih saja bahasa Indonesia agar mudah Anda mengerti. Setelah itu langsung saja klik OK.
3)   Tahap ketiga sudah masuk pada INSTALASI SMADAV. Dan kali ini Anda berada pada tampilan selamat datang di Instalasi ANda. Jangan buang-buang waktu, langsung saja klik tombol LANJUT.
4)   Anda berada pada tampilan PERJANJIAN PERSETUJUAN. Pada tahap ini, biarkan saja centang berada pada bagian SAYA SETUJU. Dan setelah itu, klik tombol LANJUT untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.
5)   Cara instal smadav yang kelima, Anda berada pada tampilan PILIH PERINTAH TAMBAHAN. Biarkan saja centang pada BUAT SEBUAH IKON DI DESKTOP, agar ikon atau shortcut smadav muncul di desktop. Setelah itu klik saja tombol LANJUT.
6)   Sekarang Anda berada pada tampilan SIAP UNTUK MEMASANG. Nah, langsung saja deh klik tombol PASANG.
7)   Setelah tombol pasang tadi Anda klik, akan muncul tampilan loading seperti gambar di bawah ini. Tunggu saja ya..
8)   Saat ini, Anda berada pada tahap MENGAKHIRI PEMASANGAN SMADAV. Itu artinya, ini adalah langkah terakhir penginstalan smadav bagi Anda.
Pada tampilan ini, hilangkan centang pada pilihan JALANKAN SMADAV jika Anda hanya ingin menginstalnya dan menyelesaikannya saat ini juga. Yuk, langsung klik SELESAI untuk benar-benar menyelesaikan penginstalan ini.
Dengan klik tombol SELESAI, maka langkah instal smadav kali ini telah selesai juga.


1)   Pertama yang pasti anda harus mempunyai software smadav, jika belum punya bisa di download di situs resminya www.smadav.net.
2)   Kemudian silahkan buka Antivirus Smadav, setelah itu pilih menu "Scanner". Pada menu tersebut silahkan pilih metode scan, disini anda bisa memilih metode scan cepat atau scan total.

Jika memilih metode scan cepat berarti smadav akan menscan sebagian drive di komputer yang dianggap penting

Jika memilih metode total berarti semua bagian dari komputer anda akan discan. Silahkan pilih metode yang anda inginkan, jika sudah silahkan klik "Scan".

3)   Disini smadav terlebih dahulu akan menganalisa semua drive dan folder yang ada di komputer anda sebelum menscan, silahkan tunggu saja prosesnya hingga selesai.

Jika terdapat virus dikomputer anda maka otomatis smadav akan menampilkannya virusnya.

Dan jika sudah selesai silahkan klik "Bersihkan" untuk membersihkan virus tersebut dari komputer anda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Antivirus Smadav

Smadav adalah perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menye...