Kamis, 16 November 2017

Bahasa Pemrograman Delphi : Hasil Pengembangan dari Turbo Pascal




Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP).

Pada mulanya ditujukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Linux dan Microsoft.NET framework.


Delphi menggunakan konsep yang berorientasi objek ( OOP ) , maksudnya pemrograman dengan membantu sebuah aplikasi yang mendekati keadaan dunia yang sesungguhnya .

Hal itu bisa dilakukan dengan cara mendesign objek untuk menyelesaikan masalah . OOP ini memiliki beberapa unsur yaitu ; Encapsulation ( pemodelan ) , Inheritance ( Penurunan ) , Polymorphism ( Polimorfisme ) .

OOP atau Object Oriented Programming adalah metode pemrograman dengan membentuk sebuah aplikasi yang mendekati kedunia yang sesungguhnya yang dilakukan dengan cara mendesain object. Ada tiga unsur OPP antara lain:
1.     Encapsulation atau pemodelan adalah sebuah konsep penggabungan data dengan operator menjadi satu kesatuan.
2.     Inherintance atau penurunan adalah sebuah object yang diturunkan menjadi object yang baru dengan tidak mengurangi atau menghilangkan keaslian dari object itu sendiri.
3.     Polymorphism atau polimorfisme adalah penggunaan berbagai object yang berbeda, akan tetapi secara fungsi bergantung pada satu object.

Khusus untuk pemrogaman database, Borland Delphi menyediakan fasilitas obyek yang kuat dan lengkap yang memudahkan programmer membuat program untuk aplikasi database. 

Format database yang dimiliki Delphi yaitu format database Paradox, dBase, MS Access, ODBC, SyBASE, Oracle dan lain-lain

Salah satu keistimewaan Delphi adalah dukungannya untuk aplikasi database yang memungkinkan user berinteraksi dengan informasi yang tersimpan dalam sebuah database. 

Delphi juga memberikan banyak pilihan teknologi kepada developer dalam membangun aplikasi database sehingga developer dapat mengembangkan aplikasi dengan mekanisme akses yang paling tepat menurut kebutuhan.

A.   Sejarah Awal Delphi
Sejarah munculnya delphi dimulai dengan ide brilian Prof. Niclaus Wirth yang mengemukakan paparan tentang Struktur Data dan Algoritma (Algorthm and Data Structure). 

Prof. Niklaus Wirth menerjemahkan paparan ini yang kemudian dikristalisasi ke dalam bahasa yang populer dan digunakan pertama kalinya sebagai bahasa yang berorientasi pada hal-hal yang Science dan Ilmiah yaitu Pascal.

Pascal sendiri kemudian distandarisasi ke dalam ANSI PASCAL (Pascal umum) oleh badan standarisasi Amerika Serikat (ANSI). 

Kemudian, 20 Nopember 1983, Borland melakukan riset untuk menerjemahkan ide dari kristalisasi ANSI Pascal (Pascal yang distandarisasi) yang kemudian menelurkan compiler Pascal ke dalam pengembangan perangkat lunaknya yaitu Turbo Pascal 1.0.

Turbo Pascal 1.0 berjalan pada sistem operasi PC/MS DOS dengan keterabatasan memory yang saat itu bias berjalan pada ukuran 1 Mbyte saja. Dari penemuan Turbo Pascal inilah akhirnya Delphi diciptakan.

Kata Delphi sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti kuil yang dibangun untuk menyembah Dewa Apollo, salah satu Dewa yang disegani oleh orang-orang Yunani selain Dewa-Dewa lain seperti Jupiter, Titan dan lain sebagainya.

B.   Mekanisme Data Akses Delphi
Untuk mengakses database, Delphi menyediakan berbagai mekanisme data akses, antara lain:
1)    Borland Database Engine (BDE)
BDE adalah teknologi yang dikeluarkan oleh Borland.BDE berasal dari paradox, kemudian diperluas oleh Borland untuk mendukung banyak SQL Serverdan Database Lokal sebelum Delphi ada. 
BDE mengakses langsung tabel-tabel  dBase, Paradox, ASCII, Foxfro dan access. Driver-driver yang ada di Delphi Enterprise memungkinkan pengaksesan ke beberapa SQL Server termasuk Oracle, Sybase, Microsoft, Informix, Interbase dan IBM DB2 Server. sedagkan untuk pengaksesan ke database lain disediakan ODBC Drivers.

2)    ActiveX Data Object (ADO)
ADO adalah antarmuka tingkat tinggi (hight level) yang digunakan untuk mengakses database dari Microsoft. 

ADO diimplementasikan pada teknologi OLE DB Data Access Microsoft yang menyediakan akses ke database relasional maupun database non relasional, termasuk email, file sistem dan file lainnya.

3)    Database Express Library (dbExpress)
dbExpress adalah library pengaksesan yang bersifat cross-flatform untuk windows dan linux. tidak seperti BDE dan ADO, dbExpress menggunakan pendekatan kelas ringan.

4)    Interbase Express (IBExpress)
Delphi menyediakan komponen-komponen untuk mengakses produknya yang gratis dan open source, yaitu interbase server. 

Jika menggunakan interbase sebagai back end, dapat memperoleh kinerja baik dan kemungkinan memelihara server dari aplikasi client jika menggunkan komponen khusus interbase.


C.   Kelebihan dan Kekurangan Delphi
Kelebihan  dari delphi adalah:
1)    Memudahkan distribusi dan juga meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning. Selain itu optimasi compiler yang cepat. 

    Bahasa perograman ini dapat digunakan di multiplatform (Windows, Linux, IOS, maupun android) dan program ini juga dapat menkompilasi menjadi aplikasi potable.
2)    IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.
3)    Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.
4)    Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi.
5)    Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi

Kekurangan dari delphi adalah:
1)    Pengaksesan platform dan library membutuhkan filter-filter header yang diterjemahkan dalam Bahasa pascal. 

    Begitu pula dengan masalah bahasa terdapat Dokumentasi platform dan teknik-teknik yang menyertai sulit di temukan dalam Bahasa pascal.
2)    Partial single vendor lock-in (Borland dapat menetapkan standar bahasa, kompatibilitas yang harus mengikutinya)
3)    Akses pada platform dan library pihak ketiga membutuhkan file-file header yang diterjemahkan ke dalam bahasa pascal
4)    Dokumentasi atas platform dan teknik-teknik yang menyertainya sulit ditemukan dalam bahasa pascal (contoh akses COM dan Win32)


D.   Versi -Versi Delphi
1)    Borland Delphi 1 (windows 3.1/16bit)
Borland Delphi 1 dirilis pada tahun 1995, untuk aplikasi 16-bit Windows 3.1 dan merupakan contoh awal dari apa yang kemudian dikenal sebagai Rapid Application Development (RAD). 
Delphi 1 adalah penerus Turbo Pascal dan Borland Pascal, sangat sedikit cepat dalam men-compile aplikasi 16bit. 

Dengan canggihnya perusahaan ini, memiliki Integrated Development Environment (IDE) dan toolkit antarmuka pengguna grafis untuk DOS (Borland Pascal ditambah Windows IDE dan juga kode generasi Windows ). Seperti Turbo Pascal.

2)    Borland Delphi 2 (windows 95/Delphi 32bit)
Borland Delphi 2, dirilis pada tahun 1996, yang didukung 32-bit aplikasi windows. Yang didalamnya termasuk Delphi 1 dan dibundel bersama-sama untuk menciptakan 32bit aplikasi windows 3.1.

3)    Borland delphi 3 (windows 95 keatas)
Borland Delphi 3 dirilis pada tahun 1997, yang merupakan versi klasik dari delphi. Tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya hanya saja ada sedikit tambahan fitur internet atau web.

4)    Borland delphi 4  
Borland delphi 4 dirilis pada tahun 1998, Borland kembali merevisi ulang Delphi 3 dan menelurkan produk Borland Delphi 4.

5)    Borland delphi 5
Borland delphi 5 dirilis pada tahun 1999, Borland kembali merevisi ulang Delphi 4 dan menelurkan produk Borland Delphi 5.

6)    Kylix For Linux
Kylix dirilis pada tahun 2001, yang merupakan sebuah versi linux dari Borland delphi.

7)    Borland Delphi 6
Borland Delphi 6 dirilis pada tahun 2001, Borland kembali merevisi ulang Delphi 5 dan menelurkan produk Borland Delphi 6.

8)    Borland Delphi 7
Borland Delphi 7 dirilis pada tahun 2002, Borland kembali merevisi ulang Delphi 6 dan menelurkan produk Borland Delphi 7.

9)    Borland Delphi 8.NET
Borland Delphi 8 dirilis pada tahun 2003, bertepatan dengan The Mother Day alias Hari Ibu Nasional, Borland melakukan migrasi untuk memindahkan platform Delphi ke arah pemrograman .NET (dot NET) dengan menelurkan produk Borland Delphi 8 for .NET.

10)           Borland Developer Studio 2005
Borland Developer Studio 2005 dirilis pada tahun 2004, Borland menggabungkan pengembangan perangkat lunak C# dan Delphi ke dalam satu kendali Integrated Develompment Environment (IDE) dengan menelurkan produk Borland Delphi 2005.

11)           Borland Developer Studio 2006
Borland Developer Studio 2006 dirilis pada akhir tahun 2005, Borland kembali merevisi ulang perangkat lunak Delphi Developer Studio 2005 ke dalam perangkat lunak baru Borland Developer Studio 2006.

12)           CodeGear RAD Studio 2007
CodeGear RAD Studio 2007 dirilis pada tahun 2007, versi ini merupakan versi pertama dari CodeGear.

13)           Embarcadero RAD Studio 2009
Embarcadero RAD Studio 2009 dirilis pada tahun 2009, setelah Borland dan CodeGear sah dijual kepada Embarcadero tahun 2008. 

Embarcadero RAD Studio 2009 menambah banyak fitur baru seperti VCL dan RTL untuk pendukung Unicode, serta sebuah produk baru Delphi Prism untuk pembangunan .NET.

14)           Embarcadero RAD Studio 2010
Embarcadero RAD studio 2010 dirilis pada tahun 2009, Embarcadero Technologies kembali merevisi ulang perangkat lunak Embarcadero RAD Studio 2009 ke dalam perangkat lunak baru Embarcadero RAD Studio 2010. Salah satu fitur baru yang mendukung teknologi layar sentuh.

15)           Embarcadero RAD Studio XE
Embarcadero RAD studio XE dirilis pada tahun 2010, Embarcadero Technologies kembali merevisi ulang perangkat lunak Embarcadero RAD Studio 2010 ke dalam perangkat lunak baru Embarcadero RAD Studio XE (alias dephi 2011 dengan kode nama fulcrum). Dilanjutkan dengan versi XE2, XE3, XE4, XE5, XE6.

16)           Embarcadero RAD Studio XE7
Embarcadero RAD Studio XE7 dirilis pada bulan september 2014, dengan kode nama carpathia. 


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kolom Komentar Blog Kamu Bermasalah? Ganti Aja Dengan Disqus

Beberapa bulan lalu komentar blog ini bermasalah Tidak bisa membalas komentar orang yang sudah berkomentar Lalu saya coba googling u...