Kamis, 15 Juni 2017

Jenis-Jenis Sistem Operasi Macintosh, Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Macintosh, Perkembangan Sistem Operasi Macintosh



macintosh
Macintosh, atau disingkat Mac OS (Macintosh Operating System) adalah sistem operasi komputer  berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple.

Macintosh berasal dari kata McIntosh, yaitu jenis apel yang disukai oleh Jef Raskin. Jef Raskin adalah salah satu dari 3orang penting dibalik Macintosh, mereka adalah Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld


Macintosh memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI), sebelumnya Xerox sudah lebih dulu menerapkan tampilan grafis ini, hanya saja mereka tidak mengembangkannya, karena tidak menguntungkan dan bukan bagian inti bisnis mereka.

Macintosh adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal karena merupakan suatu wujud model integrasi vertikal yang mana seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer.

Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain.

Singkatnya Macintosh diciptakan oleh perusahaan Apple Inc. dengan desain yang elegan tapi mudah digunakan oleh sang pengguna.

A.   Jenis-Jenis Sistem Operasi Macintosh
Sistem Mac OS dapat di bedakan menjadi dua jenis, yaitu:
1.     Mac OS Klasik
Mac OS “Klasik” merupakan sistem yang pertama dikeluarkan oleh Mac pada tahun 1984 hingga Mac-OS 9.

Mac-OS klasik dikenali sebagai satu sistem yang tidak memiliki sembarang command line atau baris perintah dan juga merupakan sistem yang menggunakan user interface (UI) sepenuhnya.

Karena mudah untuk di gunakan, sistem ini juga dikritik karena menggunakan cooperative multitasking.

2.     Mac OS X
Mac OS X (huruf “X” itu disebut sepuluh, yaitu huruf romawi) yang lebih baru. Mac OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X memiliki memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac.

Pengurusan memori yang jauh lebih baik dapat lebih banyak melakukan pengisian secara bersamaan dan menutup kemungkinan pengisian akan saling menghancurkan terhadap pengisian lainnya.

B.   Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Macintosh
Kelebihan Mac OS
1.     Lebih stabil karena menggunakan UNIX
2.     Multitasking.
3.     Bisa mengenal file format windows.
4.      Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia.
5.     Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
6.     Open source code sehingga Mac OS sulit dibajak.
7.     Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data.
8.     Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
9.     Lebih stabil
10.            Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya. Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang memilih Mac karena untuk menghindari virus.
11.            Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya.
12.            Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas.

Kekurangan Mac OS
1.     Mahal.
2.     Hanya cocok untuk graphic designer.
3.     Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS
4.     Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.
5.     Software di Mac OS tidak begitu lengkap.
6.     Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.

C.   Perkembangan Sistem Operasi Macintosh
Sistem 1
Sistem 1 memiliki tampilan desktop, jendela, icon, menggunakan sebuah mouse, menu, dan scrollbars.

Terdapat satu folder system dan “Folder yang kosong” (Empty Folder), untuk membuat Folder yang baru dapat mengubah nama dari Empty Folder maka suatu Empty Folder pengganti akan dengan seketika muncul.

Type Sistem 1 antara lain: System 1.0, Finder 1.0 (January 1984) dan System 1.1, Finder 1.1g (May 1984)

Sistem 2
Sistem 2 mampu membuat Finder melakukan kerja duapuluh persen lebih cepat.
Perintah Close All dan Put Back dihapuskan, Shutdown dan New Folder ditambahkan, disk sekarang dapat dikeluarkan dengan men-drag icon-nya ke Trash, sebagai ganti perintah Eject Disk dan kemudian men-drag icon-nya ke Trash.

List View yang tidak dalam struktur ditambahkan, di mana item di dalam suatu folder disusun secara vertikal dengan icon kecil. Apabila aksesori Choose Printer ditambahkan, maka akan secepatnya masuk dalam Chooser.

Type Sistem 2 antara lain: System 2.0, Finder 4.1 (April 1985) dan System 2.1, Finder 5.0 (September 1985)

Sistem 3
Sistem 3 meningkatkan kecepatan Finder.  Hierarchical File System (HFS) menggantikan Macintosh File System (MFS) dari Systems 1 dan 2 – folder-folder akan terlihat didalam folder (sebagai subfolder).
Kotak Zoom ditambahkan di ujung sebelah kanan title bar window, meng-klik-nya akan membuat window berubah ukuran sesuai dengan isi folder, jika mungkin – meng-klik-nya lagi akan membuat window kembali ke ukuran sebelumnya.  Icon Trash membesar ketika sesuatu ditaruh di dalamnya.

Type Sistem 3 antara lain: System 3.0, Finder 5.1 (January 1986), System 3.2, Finder 5.3 (June 1986), System 3.3, Finder 5.4 (January 1987), dan System 3.4, Finder 6.1

Sistem 4
Sistem 4 diperkenalkan pada Macintosh II dan Macintosh SE. Sistem 4 menambahkan dukungan multiple monitor

Type Sistem 4 antara lain: System 4.0, Finder 5.4 (March 1987) dan System 4.1, Finder 5.5 (April 1987)

Sistem 5
Software sistem 5 (dikenal juga sebagai System 5 yang sederhana), penambahan MultiFinder, suatu sistem tambahan, pengganti untuk Finder yang bisa menjalankan beberapa program sekaligus.

Waktu diberikan kepada aplikasi yang bekerja di background hanya ketika aplikasi yang tampil didepan (dijalankan).

Aplikasi-aplikasi berjalan dengan( co-operative multitasking), dan faktanya kebanyakan perubahan dilakukan melalui penanganan OS. Perubahan yang lain yang penting pada System 5 Mac adalah Color QuickDraw, sama dengan dengan Macintosh II.

Ini mendasari perubahan rancangan desain arsitektur grafik termasuk APIs nya), tetapi ini merupakan suatu kredit ke Apple yang kebanyakan para pemakai, dan barangkali kode yang penting adalah sebagian besar tidak perduli pada hal ini.

Type Sistem 5 antara lain: System Software 5.0 (System 4.2, Finder 6.0, MultiFinder 1.0) dan  System Software 5.1 (System 4.3, Finder 6.0, MultiFinder 1.0)

Sistem 6
System software 6 itu sendiri lebih menonjolkan/memperkenalkan MultiFinder. Jika MultiFinder terpilih, Finder dan fungsi nya tetap berjalan, meskipun suatu aplikasi sedang berjalan.
Multifinder environment mengijinkan User untuk melihat window program yang sebelumnya berjalan untuk melihat icon Finder seperti Trash, atau jendela dari aplikasi yang lain yang sedang berjalan di latar belakang.

Type Sistem 6 antara lain: System Software 6.0, System Software 6.0.1, System Software 6.0.2,  System Software 6.0.3, System Software 6.0.4, System Software 6.0.5, System Software 6.0.6, System Software 6.0.7, System Software 6.0.8, System Software 6.0.8L

Sistem 7
Sistem 7 adalah perubahan yang paling besar bagi sistem perangkat lunak waktu itu. Sistem 7 menghapuskan isu Finder/MultiFinder – Finder Sistem 7 adalah MultiFinder yang mengubah multitasking agar lebih baik.

Manajemen memori juga dapat memeriksa secara seksama 32 Mb memori, mengijinkan   Macs untuk gunakan lebih dari 8 MB RAM – terintegrasi ke dalam sistem operasi, Virtual Memory – menggunakan suatu bagian yang tak terpakai dari ruang harddisk untuk memori pengganti – ini merupakan hal pertama diterapkan di System 7.7.

Networking viaAppleTalk dan berbagi file via AppleShare dibangun ke dalam sistem operasi, sebagai pilihan. Quicktime perangkat lunak multimedia juga merupakan hal pertama pada waktu ini tetapi tersedia secara terpisah.

Sebuah menu ditambahkan di sebelah kanan dan ujung dari Menu Bar – Application Menu, yang menunjukkan daftar program dan user yang diijinkan untuk mengakses.

Kemudian ke application Menu dengan Help Menu. Trash berubah jadi sebagai suatu folder yang benar, artinya materi yang ditaruh disitu tinggal sampai perintah Empty Trash dipilih.

Kemudian dicopy oleh Windows sebagai Shortcuts – lebih dulu muncul di System 7.7.  Drag and drop – di mana suatu bagian yang terpilih dari teks bisa diseret dari satu bagian ke bagian yang lain, sebagai ganti copy dan paste.

Finder Sistem 7 akhirnya mengambil kelebihan dari monitor warna – membuat beberapa elemen interface seperti tampilan 3 dimensi yang kecil.

Type Sistem 7 antara lain:
·        Sistem 7.0.1 memperbaiki beberapa bugs.
·        Sistem 7.0.1 merupakan release produk yang spesial, (Performa-specific dengan System 7.0.1 mempermudah pemakai orang baru untuk menggunakan komputer apple. (Performa merupakan komitmen bagi komputer Apple’s selama beberapa tahun itu)
·        Sistem 7.1 menerapkan folder Fonts sedemikian sehingga bisa mudah ditambahkan dan dipindahkan – sebelumnya mereka ditanam di dalam System- dan rencana Enabler – yang berarti model baru bisa diganti dengan suatu file Enabler sebagai ganti suatu versi minor untuk membaharui seperti Systems 6.0.1-6.0.8.

Sistem 8
Mac OS 8 merubah Finder. Finder akhirnya multithread (dapat melakukan running program lebih dari satu pada waktu yang sama).  Multithreading juga berarti komputer itu dengan pengolah lebih dari satu akan mengalami hasil Finder yang lebih baik.

Keseluruhan tampilan dari Finder dirubah agar terlihat lebih tiga dimensi. Penampilan Finder juga dibuat banyak lebih customize. Para pemakai Personal Web Sharing pribadi diijinkan ke halaman web lokal di komputer mereka.

Type Sistem 8 antara lain:
·        Mac OS 8.1 adalah yang paling mempopulerkan HFS+. Versi pengembangan dari Hierarchical File System ini yang diperkenalkan dengan System 3 membebaskan banyak ruang beratus-ratus megabytes – Space harddisk lebih besar dari 1 GB.
·        Mac OS 8.1 juga merupakan versi yang mendukung 68K Macs, semua versi yang hanya bisa berjalan ditipe komputer PowerPC.
·        Mac OS 8.5 yang diperkenalkan Sherlock, merupakan program pencarian tingkat lanjut yang digunakan di lokal driver, server jaringan, dan Internet.
·        Mac OS 8.5.1 telah melakukan pengembangan/update.
·        Mac OS 8.6 menambahkan suatu Find dengan pilihan Content ke Sherlock, manajemen catu daya yang ditingkatkan, dukungan terhadap FireWire dan USB.

Sistem 9
Multiple Users ditambahkan pada Mac OS 9 dimana user yang diijinkan untuk log in mempunyai setting configurasi mereka sendiri. Appletalk over TCP/IP juga diterapkan. User bisa meng-update software di internet, dan menginformasikan ke pemakai lain tentang update yang terbaru.
Type Sistem 9 antara lain:
·        Mac OS 9.0.2 dan 9.0.3 dipaketkan dengan model yang khusus.
·        Pada Mac OS 9.0.4 semua paket yang pernah ada disatukan lagi, versi lama kompatibel dengan versi Mac OS X Public Beta.
·        Mac OS 9.1 (cukup stabil) dengan beberapa peningkatan dan penambahan menu Window. Mac OS 9.2 hanya tersedia sebagai pre-install system, mulai dengan “QuickSilver” PowerMac G4 yang dirilis di musim panas tahun 2001.
·        Mac OS 9.2.1 dilepaskan segera setelah dimainteance dan di perbaharui, serta direkomendasikan untuk tampilan Classic di Mac OS X 10.1. Mac OS 9.2.2, versi terakhir, dirilis dipenghujung tahun 2001, dengan meningkatkan performa tampilan Classic.

Sistem 10    
Mac OS X (baca: Mac OS Ten), diluncurkan pada tahun 2000. Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001.

Karakter “X” adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, dimana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9.

Beberapa orang membacanya sebagai huruf “X” yang terdengar seperti “ex”. Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis UNIX dengan akhiran “x” (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix).

Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standard, dengan perbedaan bahwa versi Server mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar.

Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda.

Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X masuk dalam keluarga Unix.

Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya model contoh bagi pengembang deskop lain. Mac OS ini di luncurkan sekitar bulan Mei 2005 dengan kode nama Tiger dan versi 10.4.

Type Sistem 10 antara lain:
·        Mac OS X Server 1.0 code name: Rhapsody, dirilis: Maret 1999.
·        Mac OS X Public Beta code name: Kodiak, dirilis: September 2000.
·        Mac OS X 10.0 (update 10.0.1-10.0.2-10.0.3-10.0.4) code name: Cheetah, dirilis: Maret 2001.
·        Mac OS X 10.1 (update 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) code name: Puma, dirilis: Oktober 2001.
·        Mac OS X Server 10.1 (update 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) code name: Puma, dirilis: November 2001.
·        Mac OS X 10.2 (update 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8) code name: Jaguar, dirilis: Agustus 2002.
·        Mac OS X Server 10.2 (update 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8), dirilis Agustus 2002.
·        Mac OS X 10.3 (update 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9) code name: Panther, dirilis Oktober 2003.
·        Mac OS X Server 10.3 (update 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9), dirilis Oktober 2003.
·        Mac OS X 10.4 (update 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) code name: Tiger, dirilis: April 2005.
·        Mac OS X Server 10.4 (update 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) dirilis: April 2005.
·        Mac OS X 10.5 dirilis (hampir) bersamaan dengan Windows Vista

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Antivirus Smadav

Smadav adalah perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menye...