Rabu, 15 Februari 2017

10 Perangkat Penyimpanan Data Eksternal

jenis-jenis media penyimpanan data

1.     Disket
Sama seperti hard disk, disket juga berupa piringan magnetik. Peranti ini dirancang untuk memudahkan pemindahan data dari satu komputer ke komputer lain yang tidak saling terkoneksi. Disket yang umum berukuran 3,5 inci (diameter piringan) dengan kapasitas 1,44 megabyte.

Di masa lalu terdapat pula disket berukuran 5,25 inci dengan kapasitas sebesar 1,2 megabyte. Dalam sistem komputer, disket diakses melalui peralatan yang disebut disk drive. Saat ini media disket hampir tidak digunakan lagi.

2.     CD
CD atau Compact Disk meruapakn salah satu media penyimpan eksternal yang berupa piringan optik, yang menggunakan sinar laser untuk penulisan dan pembacaan data. Dibandingkan dengan disket, kecepatan akses pada CD jauh lebih tinggi. Kapasitas CD berkisar antara 640 megabyte sampai 1,3 gigabyte.

3.     DVD
DVD atau digital Video Disc merupakan teknologi piringan optik kedua setelah CD. DVD memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada CD. Kapasitas DVD juga mampu membaca lebih cepat daripada CD dan memiliki kualitas muatan video setara sinema.

DVD merupakan piringan penyimpanan data unutk keperluan audio maupun PC yang lebih baik daripada piringan lain. Secara fisik, ukuran DVD sama dengan ukuran CD. Di dalam sistem komputer, DVD diakses melalui peralatan yang disebut DVD drive. Piranti ini juga bisa digunakan untuk membaca CD. Saat ini, terdapat pula jenis DVD RW, suatu jenis DVD yang bisa ditulisi kembali.

4.     Pita Magnetik
Media penyimpanan pita magnetik atau disebut magnetic tape terbuat dari bahan magnetik yang dilapiskan pada plastik tipis, seperti pita pada pita kaset. Proses penyimpanan atau pembacaan data menyerupai kaset audio, yakni melalui suatu kepala pita.

Kapasitas media penyimpan eksternal dalam bentuk pita magnetik sangat bervariasi. Ada yang berkapasitas sampai 1,2 terabyte.Dalam sistem komputer, media penyimpanan ini diakses melalui peralatan yang disebut tape drive.

5.     Flash Disk
Flaskh Disk atau kadang disebut flash drive merupakan media penyimpan eksternal yang saat ini sangat populer. Kepopulerannya ditunjang oleh kepraktisan dalam penggunaannya. Untuk memakainya, Anda cukup mencolokkan flash disk pada port USB (universal Serial Bus).

Flash disk juga populer karena kapasitas, penyimpanannya yang sangat besar. Seklipun ukurannya relatif sangat kecil, kapasitas penyimpanannya tersedia dari 128 megabyte sampai 4 gigabyte, bahkan lebih. Kapasitas sebesar itu tentu saja bermanfaat untuk proses baca tulis.

6.     ZIP drive
ZIP drive berasal dari lomega. ZIP drive berukuran kecil 1,47 inchi. ZIP drive ini memperbaiki keterbatasan kapasitas yang dimiliki oleh floopy disk. Perangkat ini terdiri dari floopy drive dan cartridge floopy khusus, yang mapu menampung sampai 100MB data. Dengan kapasitas sebesar ini, dapat memungkinkan orang menyimpan file grafik dan mutimedia.

7.     Punch Card
Punch card sendiri merupakan kartu berlubang yang dibaca oleh pembaca kartu (card reader) yang berisi perintah-perintah yang nantinya diteruskan pada komputer. Punch card ini biasanya berisi 80 lubang yang bisa diisi 80 karakter. Namun, punch card juga ada yang memiliki lebih dari 80 lubang.

Punch card berada pada abad ke 17-18an. Era punch card runtuh karena dianggap tidak efisien. Pada abad 19 sekitar pada tahun 1946, media penyimpanan data mulai memasuki masa selectron tube. Selectron tube merupakan awal atau cikal bakal memori komputer. Berukuran sekiat 10 inci, tube ini bisa menyimpan data sekitar 521 byte.

8.     Memory Card
Memory Card atau kartu memori. Ukurannya sangat kecil dan biasa digunakan pada banyak perangkat. Ponsel, kamera, handycam, mp3 player, dan lain sebagainya menggunakan kartu memori sebagai media penyimpanannya. Kartu memori pun bisa digunakan di perangkat PC dengan menggunakan perangkat card reader.

9.     Hard Disk Eksternal
Hard Disk Eksternal memiliki fungsi dan kapasitas yang sama dengan hard disk internal yang biasa digunakan di perangkat PC, hard disk eksternal ini juga banyak diburu karena bisa dibawa dan sangat membantu dalam masalah penyimpanan data dalam jumlah besar.

10.            CD-ROM.
CD ROM (Compact disc - Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data yang cukup besar. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700Mb.

Mulai tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itu mulai berkembanglah teknologi penyuimpanan pada optical disc.

CD-ROM terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif.Penulisan data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja.


Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Antivirus Smadav

Smadav adalah perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menye...