Rabu, 10 Agustus 2016

VIRUS KOMPUTER : Pengertian, Jenis, Cara Penyebaran, Dampak, dan Cara Mencegahnya




Virus komputer umumnya di buat untuk tujuan yang tidak baik , banyak Efek negatif yang di timbulkan oleh virus komputer seperti memperbanyak dirinya sendiri sehingga memori menjadi kecil. 
Virus Komputer

Hal ini membuat komputer sering hang atau freeze, lalu mengubah ekstensi pada file dan program yang membuat program/file tersebut tidak bisa di gunakan, dan dapat juga mencuri data pribadi seseorang tanpa sepengetahuan orang tersebut. selain itu juga virus dapat merusak hardware pada komputer.


A.   Pengertian Virus Komputer
Virus komputer adalah sebuah program berukuran kecil yang dibuat dengan tujuan disebarkan untuk mengganggu proses-proses yang dikerjakan komputer.

Jadi jelas, karena tujuannya adalah untuk mengganggu, maka benar jika setiap kali Anda mendengar kata “virus komputer” pasti membayangkan sesuatu yang jahat yang akan merusak komputer Anda.

Pengertian Virus Komputer

B.   Jenis-jenis Virus Komputer
1.     Worm 
Virus Komputer Worm
Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu. 
2.     Trojan
Virus Komputer Trojan
Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
3.     Backdoor 
Virus Komputer  Backdoor
Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game. 
4.     Spyware
Virus Komputer  Spyware
Virus yang memantau komputer yang terinfeksi. 
5.     Rogue
Merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. 

Virus Komputer Rogue

Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. 

Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain. Rootkit - Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja. 
6.     Polymorphic virus 
Polymorphic virus
Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
7.     Metamorphic virus
Metamorphic virus
Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi. 

C.   Cara Penyebarannya
1.     Ada berbagai cara penyebaran virus komputer. Cara yang paling umum adalah melalui peralatan yang pernah berhubungan dengan komputer yang terkena virus. Misalnya: Flashdisk.

2.     Ada juga virus yang menyebar melalui email. Penyebaran dengan cara ini biasanya akan menyamarkan virus sebagai dokumen lampiran email.

3.     Ada lagi virus komputer yang menyebar lewat chatting. Biasanya orang yang hendak menyebarkan virus, akan mengirim pesan chatting berupa link.

4.     Cara lainnya, virus komputer bisa juga menyebar melalui website-website bervirus. Ketika Anda membuka website tersebut, komputer Anda akan langsung terinfeksi virus.

D.   Dampaknya Bagi Komputer
Dampak virus komputer bermacam-macam. Ada yang ringan ada juga yang berat.
1.     Dampak ringan, misalnya saja, ruang harddisk komputer Anda akan berkurang secara cepat. Padahal Anda tidak pernah menyimpan atau mendownload apa pun. 

Hal ini disebabkan oleh virus komputer yang terus menerus menggandakan diri sehingga ruang hard disk cepat habis. Selain itu virus juga dapat menyebabkan komputer lambat.

2.     Dampak berat, misalnya, komputer Anda tidak bisa masuk ke sistem operasinya. Hanya DOS. Ini akan sangat mengganggu untuk seorang pengguna komputer awam.

3.     Ada juga dampak yang sangat parah, yaitu data-data penting Anda terhapus. Semua jerih payah Anda, pekerjaan Anda, rusak atau bahkan lenyap karena virus.

E.   Cara Sederhana Mencegah Virus Komputer
Cara yang paling sederhana untuk mencegahnya adalah dengan memiliki program antivirus, dan meng-update program antivirus tersebut secara teratur.

Virus komputer makin berkembang. Program antivirus juga berkembang untuk mengimbangi perkembangan virus komputer. Oleh karena itu, penting untuk meng-update program antivirus secara teratur.
Sumber :
http://nufatech.net/virus-di-komputer/
http://www.it-jurnal.com/2014/03/Pengertian.dan.Jenis-jenis.Virus.pada.Komputer.html
https://pixabay.com/en/monster-blue-internet-security-426995/
https://pixabay.com/en/computer-virus-trojan-program-1446113/

1 komentar:

  1. bermanfaat sekali

    kunjungi juga http://www.tekajebe.com/2017/01/penjelasan-virus-komputer.html

    BalasHapus

Kelebihan dan Kekurangan Antivirus Smadav

Smadav adalah perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menye...