Minggu, 28 Agustus 2016

Aplikasi Pengolah Kata Selain Micrososft Word Dan Open Office : Kelebihan dan Kekurangannya



1.     Star Office Writer
Program ini memiliki kesamaan dengan Microsoft Word, namun ada perbedaannya yakni terletak pada file ekstensinya. Jika, Ms. Word menggunakan file ekstensi *doc, StarOffice Writer menggunakan file ekstensi *odt. Hanya saja file ekstenisi *odt masih bisa dirubah ke *doc. Program StarOffice dapat berjalan di OS Windows dan MC.Os (Apple).
Star Office Writer
Kelebihan :
a.     Powerfull dan Full Features.
b.     Memiliki banyak aplikasi.
c.      Integrasi aplikasi office.
d.     Kompatibel dengan Ms. Office.
e.      Starwriter dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file dengan ekstensi rtf, doc, dll.
f.       StarImpress dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file presentasi dengan ekstensi ppt.
g.     Harga murah (kita cukup keluar uang untuk membeli CD atau koneksi internet untuk men-download tanpa perlu membayar lisensi untuk penggunaan non komersial).
h.     Lebih Stabil dan tahan virus (StarOffice versi Linux) karena berjalan dalam platform sistem operasi Linux.


Kekurangan :
Lambat ketika dijalankan pertama, karena StarOffice merupakan integrasi kumpulan program aplikasi, sehingga jika dijalankan maka StarOffice akan memanggil program-program aplikasi yang merupakan suite officenya.


2.     Abi Word
Abi Word juga dikembangkan dengan lisensi GPL, sehingga software ini adalah software Open Source/freeware.

Abi Word

Kelebihan :
a.     Free [gratis]
b.     Multi Platform [produk keluaran dari pabrik/perusahaan yang dikeluarkan untuk banyak sistem operasi / lebih dari satu]
c.      Open Source
d.     Ukurannya relatif lebih kecil
e.      Memory requirement pun cukup kecil
f.       Tersedia dalam bentuk portable (untuk Windows)
g.     Fitur-fitur AbiWord terintegrasi dengan layanan AbiCollab.net yang memungkinkan User untuk menyimpan dokumen secara online dan berbagi dokumen dengan teman

Kekurangan :
Fitur kurang Lengkap


3.     KWord
KWord memiliki kesamaan dengan Open Office dan Abi Word, yakni sama-sama berlisensi GPL. Aplikasi ini dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) yang merupakan lingkup desktop yang sering digunakan dalam sistem operasi berbasis Linux. Program KWord dapat berjalan di OS Windows, Linux dan MC.OS
KWord

Kelebihan :
a.     Keunggulan dari KWord adalah memudahkan editing konten seperti teks, gambar, grafik ke dalam dokumen tanpa usaha yang rumit untuk mengatur tata letaknya.
b.     KWord juga membawa editing berbasis Frame  untuk semua dokumen sehingga memungkinkan pengguna memiliki kontrol mutlak pada dokumen.
c.      Pengguna dapat memilih teks ditulis dalam kolom lembar seperti berita atau tata letak bebas seperti foto album.
d.     Frames juga dapat dihubungkan sehingga kegiatan pengetikan lebih mudah dengan tata letak KWord yang tampak profesional tanpa menggunakan paket dekstop publishing yang lengkap.
e.      KWord bisa menghasilkan dokumen dalam beberapa bahasa.

Kekurangan :
Kelemahan dari KWord jika dibandingkan dengan Microsoft Word adalah, penggunaan yang lebih rumit dibandingkan dengan Microsoft Word, selain itu nama yang hampir mirip sehingga membuat banyak orang menyangka KWord merupakan jiplakan dari Microsoft Word.


4.     Atlantis Word Processor
Atlantis Word Processor memiliki kesamaan tampilan dengan Microsoft Word. Aplikasi ini mendukung file ekstensi, Document (*doc), Rich Text Format (RTF), Encrypted Document (COD), dan Standart Text (*txt)
Atlantis Word Processor

Kelebihan :
a.     Pembuatan dokumen dan format mudah, menggunakan koleksi disesuaikan dan diperluas dokumen template dan surat sampel.
b.     Komprehensif dukungan Style Sheet yang tersedia untuk pengguna tingkat lanjut.
c.      Sebuah disesuaikan dan diperluas Clip Perpustakaan penuh dengan teks dan grafis siap untuk dimasukkan dalam dokumen yang lebih besar bila cocok. Atlantis koleksi asli klip memasukkan frasa sehari-hari, elemen menulis surat, clip art, dll
d.     Tentu saja, semua tradisional huruf dan format paragraf perintah yang hadir
e.      Kata-kata dapat ditulis dgn tanda penghubung lintas secara otomatis atau manual.
f.       Anda dapat membuat koran-jenis kolom , dokumen membagi menjadi bagian , setiap bagian dengan sendiri halaman pengaturan .
g.     Anda memiliki dua mode format grafis-jenis untuk mengubah warna font dan sorot teks. Anda akan menggunakan mouse pointer khusus untuk memformat teks dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dengan kuas cat.
h.     Atlantis memperkenalkan pendekatan revolusioner untuk format dokumen dengan Format Palette dan Brush . Bahkan pekerjaan format yang paling kompleks dapat dilakukan secara eksklusif dengan kursor mouse yang mirip kuas dan palet sarat dengan template format. Anda dapat menggunakan default palet Atlantis atau menyesuaikan Format palet Anda sendiri dengan cara apapun yang Anda suka.
i.       Semua dokumen yang dibuat di Atlantis dapat " Disimpan Sebagai Halaman Web ", yaitu disimpan sebagai HTML. Ini akan membantu pemilik situs web pribadi, dan juga e-book pencipta sangat. Atlantis juga memiliki perintah untuk mengkonversi dokumen apapun untuk e-book hanya dengan beberapa klik mouse.

Kekurangan :
a.     Tidak mendukung Grammer Chacker
b.     Tidak mendukung Graphic Editing
c.      Tidak mendukung Mail Merging
d.     Hanya bisa digunakan pada system Operasi Windows


5.     Word Star
WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, Software ini sempat populer pada awal 1980-an. Bahkan  Wordstar  hampir sudah bisa dikatakan dapat menggantikan yang namanya Mesin Ketik kala itu.

Word Star

Saat ini Word Star sudah tidak digunakan lagi. Sebab Word Star tidak memiliki menu-menu yang memadai. Oleh karena itu semua perintah-perintah di Word Star harus dihapal luar kepala.
Kelebihan :
a.     Word star mampu menggunakan modus non-document untuk menciptakan file texs ASCII tanpa kode format,dengan itu dapat membuat word star popular di kalangan programmer untuk menuliskode program.
b.     Menggunakan versi DOS pertama.
c.      Merupaka program pilihan bagi intelektual konservatif William F. Buckley Jr.
d.     Wordstar dapat dianggap sebagai antarmuka keyboard ketiga.

Kekurangan :
a.     Word star memiliki perintah-perintah yang rumit dan harus di hafal karena tidak tersedianya menu yang memadai.
b.     Word star tidak mampu untuk memformat perubahan Ulang justifikasi baris saat teks diketikkan atau dihapus.karenanya paragraph harus di format ulang oleh sebuah perintah setelah proses perubahan selesai di buat.
c.      Banyak pengguna menemukan lebih mudah untuk memanipulasi blok dengan blok perintah daripada sisem Microsoft Word menyoroti dengan mouse.
d.     Antarmuka WordStar meninggalkan warisan besar.


6.     Word Perfect
Word Perfect merupakan aplikasi pengolah kata yang dapat dijalankan pada OS. Windows ).  WordPerfect memiliki kelebihan seperti kode streaming arsitektur,  Reveal Codes fitur, dan sangat user-friendly makro untuk bahasa scripting,. Program Word Perfect juga mampu membaca file dari Ms. Word
Word Perfect

Kelebihan :
a.     Harganya lebih murah di banding ms.word.
b.     Dapat membaca file yang di buat di ms.word.
c.      Lebih mudah di gunakan.
d.     Memiliki aplikasi word processing,spreadsheet,presentasi,note-taking,e-mail,aplikasi grafis,support lebih dari 60 format file,seperti ODF dan file dari Microsoft office 2007 dan di bawahnya,mampu menangani PDF,juga merupakan tool yang kuat untuk dokumen yang panjang.Software ini juga dilengkapi fitur keamanan,dan upgrade tidak akan mengganggu tampilan interface secara keseluruhan.

Kekurangan :
a.     Aplikasi ini membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang lebih tinggi,yaitu minimal Pentium III dengan memori 128 mb.
b.     Agak rumit untuk di pelajari bagi user yang menggunakan ms.office 2007.
c.      Beberapa fungsi sulit untuk di temukan.
d.     Integrasi antar aplikasi masih kurang.
e.      Harganya cukup mahal. 


7.     Chi Writer
Chi Writer adalah program pengolah kata yang cukup bisa diandalkan untuk pengetikan bidang teknik, matematika, dan fisika. Mampu untuk memperlebar lavar sampai 254 kolom dan tersediannya fasilitas untuk mengatur warna tampilan pada layar monitor EGA dan VGA.

horstmann software


Chi Writer

Kelemahan software ini adalah memiliki tampilan yang kurang menarik dan editor lebih berorientasi pada aspek kecepatan dan interaktif mengedit,bukan pada tampilan visual hasil.
Kelebihan :
a.     ChiWriter merupakan program pengolah kata yang mempunyai banyak kelebihan dibandingkan program pengolah kata lainnya terutama dalam penulisan simbol-simbol khusus seperti notasi matematika dan huruf-huruf asing yang tidak terdapat pada keyword. ChiWriter versi 3.15 ini mempunyai fasilitas yang lebih lengkap dan canggih, lebih praktis dan leluasa dalam penggunaannya.
b.     Dengan fasilitas perancangan font, anda dapat mengembangkan kreasi, menciptakan karakter-karakter yang sesuai dengan yang anda inginkan.
c.      Kelebihan lain yang antara lain yang dimiliki ChiWriter versi 3.15 adalah kemampuannya untuk memperlebar layar sampai 254 kolom dan tersedianya fasilitas untuk mengatur warna tampilan pada layar monitor EGA dan VGA.
d.     Juga tersedia fasilitas untuk merancang font, dimana anda dapat berkreasi menciptakan karakter-karakter yang sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Kekurangan :
Chiwriter hanya digunakan dalam bidang sains

Sumber :
https://okiandriyanto.wordpress.com/2013/05/09/macam-macam-aplikasi-pengolah-kata/
http://suciputri06.blogspot.co.id/2015/02/jenis-jenis-aplikasi-pengolah-kata.html
https://rfmu.wordpress.com/2014/11/23/kword/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

41 Istilah Kamera Digital yang Perlu Diketahui Para Pecinta Fotografi

Banyak orang yang menyukai kamera digital. Bukan saja mereka yang berprofesi fotografer, atau mereka yang hobi fotografi. Ternyata k...