Selasa, 14 Juni 2016

Mouse : Pengertian, Fungsi, Operasi Dasar, Jenis, dan Sejarah Perkembangannya



 A.   Pengertian Mouse
Mouse adalah perangkat input pada komputer,  berfungsi untuk mengarahkan, mengatur posisi kursor ( pointer),  dan penunjuk tombol atau objek perintah pada desktop di monitor.

Mouse

Tidak diketahui dengan pasti dari mana dan mengapa penggunaan nama ‘mouse’ digunakan. 

Namun banyak yang menyebutkan bahwa penamaan tersebut disesuaikan dengan fisiknya yang memiliki ekor.

B.   Fungsi Mouse
Sebagai perangkat input mouse mempunyai beberapa fungsi, diantaranya :
1.     Untuk memasukkan perintah kepada komputer dimana cara kerja dari mouse ini adalah dengan cara menggeser - geser mouse di permukaan papan yang datar.  
2.     Sebagai penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor. 
3.     Untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah. 
4.     Untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll. 
5.     Untuk mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang.  
6.     Mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Terlebih bagi kita yang sering melakukan aktivitas mengedit foto atau membuat desain. 
7.     Sebagai pengontrol perbesaran tampilan objek. 
8.     Untuk mengaktifkan command button dan juga melakukan suatu aksi tertentu pada aplikasi. 
9.     Dapat digunakan uantuk memperbesar atau juga memperkecil tampilan worksheet.  
10.                        Untukmelakukan konversi dan isntruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh komputer. 
11.                        Untuk perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse berfungsi sebagai tombol enter.

C.   Operasi Dasar Pada Mouse
Dalam menggunakan mouse, ada 5 operasi dasar pada saat penggunaan mouse yaitu:
1.     Klik Kanan Pada Mouse :
Penggunaan mouse ini untuk memunculkan menu-menu pada palikasi yang kita buka. 

Cara penggunaannya adalah cukup menekan tombol kanan pada mouse, kemudian akan muncul menu menu baru berdasarkan aplikasi yang sedang berjalan, misalnya pada Microsoft Word jika ditekan klik kanan akan muncul menu copy, paste, cut, font, paragraph, bullets, numbering, dll.

2.     Klik Kiri Pada Mouse :
Tombol kiri pada mouse digunakan untuk mengkses menu, menandai / memilih pada dialog box, memindahkan kursor saat menulis, memilih objek tertentu dan sebagainya. 

Cara  menggunakan adalah dengan menekan tombol kiri pada mouse, penggunaan ini biasa disebut dengan "klik" saja.

3.     Scroll Pada Mouse :
Tombol scroll ini berbentuk seperti roda yang berfungsi menggulung (keatas / kebawah) halaman pada layar monitor. 

Apabila mouse tidak dilengkapi dengan tombol scroll seperti pada touchpad laptop , kita tetap dapat menggulung halaman /layar dengan cara klik scroll bar yang biasa ada pada sebelah kanan suatu program.

4.     Drag Pada Mouse :
Drag ialah menyeret atau memindahkan kursor / pointer ke arah tertentu dan tetap mempertahankan klik kiri tidak terlepas. 

Cara ini digunakan untuk memindahkan objek, melakukan blok teks, atau  memilih beberapa objek sekaligus.

5.     Double Click Pada Mouse :
Klik ganda atau biasa disebut dengan  istilah double click / dobel klik biasa digunakan untuk membuka / menjalankan suatu program tertentu, misalnya jika klik ganda pada shortcut winamp maka program tersebut akan segera terbuka. Caranya cukup 2 kali klik kiri secara cepat.


D.   Jenis-Jenis Mouse
Jenis-Jenis mouse dapat dibedakan beberapa jenis, antara lain :
1.     Jenis Mouse Berdasarkan Fisiknya
Secara fisik, mouse bisa terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
a.     Mouse Standar
Mouse Standar
Mouse jenis ini memiliki ukuran yang besar, kira-kira berukuran sama panjang dengan tangan manusia, dan memang didesain khusus agar pas dengan seluruh telapak tangan manusia. 

Mouse ini paling umum digunakan, bisa berupa mouse wireless ataupun kabel, dan juga bisa berupa mouse optic ataupun trackball dan juga bisa berupa mouse dengan port PS/2 ataupun Port USB. 

Mouse jenis ini banyak digunakan pada komputer Desktop PC, yang mana tidak terlalu sering dibawa-bawa pergi.

b.    Mouse Mini
Mouse Mini
Mouse mini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada mouse standar. Mouse ini kebanyakan menggunakan konektivitas wireless dan menggunakan port USB sebagai konektornya.

Selain itu, mouse ini juga menggunakan teknologi optic untuk inputnya. Mouse mini ini mudah untuk dibawa kemanapun dan juga praktis, sehingga banyak digunakan untuk keperluan laptop dan komputer jinjing.

c.      Mouse Fancy
Mouse Fancy
Mouse ini biasanya memiliki bentuk-bentuk yang unik, bisa berbentuk seperti mobil, baju, dan sebagainya, ataupun mouse biasa dengan tambahan karakter kartun.

Bisa berkuran normal ataupun kecil, kebanyakan menggunakan port USB, dan banyak digunakan pada laptop dan notebook.

2.     Jenis Mouse Berdasarkan Teknologi Inputnya
Berdasarkan teknologi input dari sebuah mouse, maka mouse bisa dibedakan menjadi dua jenis mouse, yaitu:
a.     Mouse Trackball
  Mouse Trackball
Mouse jenis ini menggunakan sejenis bola karet pada bagian bawah mouse, sebagai input pergerakan kursornya. 

Sepertinya saat ini mouse dengan teknologi trackball sudah tidak dijual lagi di pasaran, karena memiliki respon yang lambat dan mudah mengalami kerusakan.
Trackball

b.    Mouse Optic
Mouse Optic
Merupakan jenis mouse yang paling banyak digunakan, dan sepertinya hampir semua mouse di dunia menggunaka teknologi optic sebagai metode inputnya.
Optic

Dengan menggunakan teknologi optic, maka bobot mouse dapat berkurang sangat banyak, dan ukuran mouse bisa dibuat menjadi lebih kecil. Respon dari mouse optic pun menjadi lebih baik dan juga cepat.

3.     Jenis Mouse Berdasakan Fungsinya
Meskipun memiliki fungsi utama yang sama, namun secara spesifik mouse memiliki beberapa fungsi tambahan yang berbeda-beda. 

Berikut ini adalah macam-macam mouse berdasarkan fungsi tamabahan yang dimiliki:
a.     Mouse Standar

Mouse Standar
Mouse standar adalah jenis mouse yang biasa kita gunakan sehari-hari, tanpa fitur tambahan. Hanya terdiri dari dua tombol dan juga satu tombol tambahan untuk melakukan scrolling.

b.    Mouse Gaming dan Design
    Merupakan jenis mouse yang lebih expert, didesain untuk keperluan gaming dan juga design, yang membutuhkan presisi tinggi, dan juga sensitivitas.
Mouse Gaming dan Design

Mouse ini merupakan jenis mouse yang sangat ergonomis dan nyaman untuk digenggam. Memiliki banyak tombol tambahan, seperti pengatur sensitivitas, tombol back dan next, hingga tombol khusus untuk select.

4.     Jenis Mouse Berdasarkan Jenis Port Yang Digunakan
Mouse juga dapat dibedakan berdasarkan jenis port yang digunakan oleh mouse tersebut. Berkut ini jenis mouse bedasarkan port yang digunakan:
a.     Mouse dengan Port Serial
Mouse dengan Port Serial
Mouse Serial banyak digunakan pada era komputer jaman dahulu, yaitu pada era Pentium 1 ataupun Pentium 3 yang berjenis AT. Dari bentuknya, mouse ini berbentuk port serial yang memiliki beberapa pin pada ujung portnya.

b.    Mouse dengan Port PS/2
Mouse dengan Port PS/2
PS/2 merupakan konektor yang sudah jadul dan jarang digunakan. Kebanyakan komputer port PS/2 ini hanya terdapat pada komputer PC desktop lawas, dan beberapa PC desktop masa kini. 

Konektor berbentuk bulat dengan beberapa pin di dalamnya dan menggunakan kabel yang tebal.

c.      Mouse dengan Port USB
Mouse dengan Port USB
Mouse dengan port USB banyak digunakan pada laptop dan komputer desktop modern. 

Menggunakan port USB, mouse ini mendukung konektivitas wireless maupun kabel, dan tentunya kabel yang digunakan akan menjadi jauh lebih tipis daripada port PS/2.

5.     Jenis Mouse Berdasarkan Konektivitas
Saat ini mouse juga sudah dikembangkan memiliki konektivitas yang berbeda. Apabila dilihat berdasarkan konektivitasnya, maka mouse dapat terdiri dari dua jenis, yaitu:
a.     Mouse Kabel
Mouse Kabel
Mouse yang menggunakan kabel. Saat in masih banyak digunakan, dan menggunakan teknologi optic, serta port USB. Memiliki harga yang lebih murah apabila dibandingkan dengan wireless.

b.    Mouse Wireless
Mouse Wireless
Merupakan jenis mouse tanpa kabel, hanya mendukung port USB dan juga sistem input yangmenggunakan optic. Bisa berukuran besar hingga kecil, dan juga mendukung penggunaan pada mouse gaming.


E.   Sejarah Perkembangan Mouse
Mouse pertama kali diperkenalkan oleh Douglas Engelbart, seorang peneliti dari Stanford Research Institute, pada tahun 1963. Saat itu fisik mouse masih jauh berbeda dengan mouse yang saat ini kita kenal.

Mouse pertama dibuat menggunakan bahan dari balok kayu dan menggunakan dua gerigi roda dari logam yang posisinya tegak lurus satu sama lain, serta sebuah tombol berupa sebuah lampu berwarna merah di sisinya. 

Dan pada 17 November 1970, Engelbart mendapatkan hak paten atas mouse ciptaannya tersebut.

Mouse dioperasikan dengan menghubungkan ke komputer dan ditampilkan di layar merupakan ide dari Bill English, seorang kolega Douglas Engelbart. Bill English pula yang menyempurnakan bentuk mouse dan menciptakan prototipe pertamanya.

Pada tahun 1972, saat English bekerja untuk Xerox, ia dan Jack Hawley beserta tim risetnya mendisain ulang mouse karya Engelbart dan menambahkan beberapa fitur baru. 

Yang paling menonjol yaitu mengganti sistem dua gerigi roda dari logam kecil, dengan sebuah bola yang dapat berputar ke segala arah. Tombolnya pun ditambah menjadi dua. Perubahan lainnya dengan melakukan perbaikan sistem interaksinya dengan komputer.

Meski desain dari Bill English sudah mengalami banyak perbaikan dan perubahan, Xerox membutuhkan waktu sekitar 9 tahun untuk benar-benar membuat mouse mampu berfungsi dengan baik dan menyempurnakan proses manufaktur agar layak dilihat dari sudut pandang proses biaya pembuatannya.

Dan barulah pada tahun 1981, Xerox mulai memproduksi secara masal mouse yang dijual secara paket dengan produk komputernya yaitu Xerox 8010 Star Information System. 

Hanya saja saat itu komputer besutan Xerox tersebut dijual dengan harga tinggi sekitar US$20.000 yang membuatnya kurang diminati. Dampaknya, mouse-pun jadi kurang populer.

Pada periode yang sama, Steve Jobs sedang mencari sebuah perangkat inovatif untuk produk Apple-nya. 

Dan mouse dianggap merupakan perangkat yang tepat dan menarik. Steve Jobs pun menugaskan perusahaan desain, Hovey-Kelley, untuk membuat mouse yang lebih murah, bisa diproduksi masal, dan handal.

Hasilnya, Apple berhasil menciptakan komputer dengan nama Lisa yang dilengkapi dengan mouse rancangan mereka dan dipasarkan pada tahun 1983. 

Komponen utama mouse yang digunakan yaitu encoder roda optik yang merupakan sebuah bola pelacak yang bebas bergerak, dan hanya menggunakan satu tombol, yang hingga saat ini merupakan ciri khas dari mouse buatan Apple. 

Setahun kemudian. Apple kembali menghadirkan perangkat yang didisain ulang untuk menemani sistem komputer Macintosh.

Perkembangan Mouse Dari Masa Ke Masa
1.     Mouse tahun 1968 : Douglas Engelbar membuat Mouse dari kotak kayu & 2 roda besi.

Mouse tahun 1968
2.     Mouse tahun 1972 : Bill English memperkenalkan sebuah sistem “ball mouse”.

Mouse tahun 1972
3.     Sebenarnya banyak perkembangan serta inovasi pada perangkat mouse di era tahun 1980 hingga 2000-an. Contohnya pada tahun 1981, dimana Richard Lyon yang bekerja di Xerox PARC menemukan mouse optik pertama. 

Mouse 1980 hingga 2000-an

  Dan setahun kemudian, Steve Kirsch mengembangkan mouse optik yang membutuhkan bantuan mousepad khusus, sebuah bantalan untuk mendeteksi sensor dalam melakukan pergerakan. 

Bahkan Kirsch pula yang mendirikan perusahaan yang menjual mouse optik dengan nama Mouse System. Namun produknya gagal karena harganya yang masih mahal.

4.     Tahun 1981 juga ditandai dengan berdirinya perusahaan Logitech di Swiss yang hingga saat ini menjadi pemain utama dalam menghadirkan perangkat mouse. Model pertamanya, yaitu P4, dirancang oleh Jean-Daniel Nicoud dan dipasarkan pada tahun 1982.

Mouse Tahun 1981
5.     Tahun 1983, Microsoft menghadirkan mouse pertama buatannya yang dijual dengan harga kisaran US$195. 

Mouse tersebut menggunakan dua tombol dan membutuhkan kartu ekspansi tambahan untuk menghubungkannya ke komputer. 

Tidak lama kemudian, mouse tersebut disempurnakan dan menggunakan port serial yang sudah terdapat pada komputer.

Mouse Tahun 1983
6.     Tahun 1984, Logitech memperkenalkan mouse tanpa kabel yang pertama di dunia. Teknologi yang digunakan masih menggunakan teknologi infra merah dan membutuhkan sebuah alat receiver yang mesti dipasang pada komputer.

 Mouse Tahun 1984
7.     Tahun 1987, IBM memperkenalkan perangkat komputernya yang dilengkapi dengan mouse dan keyboard  menggunakan koneksi PS/2. Sebelumnya mouse menggunakan konektor 5-pin dan 6-pin. 

Akhirnya koneksi PS/2 menjadi lebih populer dikarenakan mampu menghasilkan koneksi yang lebih baik.

  Mouse Tahun 1987
8.     Mouse tahun 1991: Logitech membuat “MouseMan” yaitu mouse nirkabel dengan menggunakan teknologi RF

Mouse tahun 1991
9.     Tahun 1995, mouse pertama yang menggunakan scroll wheel dihadirkan oleh Mouse System dengan nama ProAgio. 

Namun produk ini tidak diketahui perkembangannya. Hingga setahun kemudian, Microsoft menggunakan teknologi ini pada mouse terbarunya. Pada tahun ini Apple juga memperkenalkan multibutton “Mighty Mouse”.

Mouse Tahun 1995
10.            Tahun 1998, Apple menghadirkan Apple USB Mouse yang merupakan mouse pertama menggunakan koneksi USB. 

Hanya saja, fisiknya yang bulat membuatnya tidak nyaman digunakan sehingga produk ini kembali gagal. 

Namun koneksi USB yang digunakannya mulai banyak diadopsi oleh produsen lain.

Mouse Tahun 1998
11.            Tahun 1998, Sun Microsystems berhasil menyempurnakan mouse menggunakan sensor laser yang awalnya diperuntukkan bagi komputernya, Sun SPARC Station server dan workstation.

 Mouse Tahun 1998
12.            Tahun 1999, Agilent Technologies mampu mengembangkan sensor optik pertama yang bekerja tanpa menggunakan bantalan khusus. 

Solusi ini langsung diadopsi oleh beberapa produsen besar seperti Microsoft, Apple, hingga Logitech.

Mouse Tahun 1999
13.            Tahun 2004, mouse Logitech MX1000 yang dikembangkan bersama dengan Agilent Technologies, mampu membawa mouse berteknologi laser menjadi perangkat populer yang menggantikan teknologi lampu LED.

Mouse Tahun 2004
14.            Mouse tahun 2006 : Logitech dan Gyration merilis desain dari “air mouse” (Gyroscopic).

Mouse tahun 2006
15.            Tahun 2008, Microsoft menciptakan inovasi dengan menghadirkan BlueTrack yang menggunakan elemen dari teknologi laser dan optik. Penggabungan dua teknologi ini memungkinkan mouse bisa digunakan pada berbagai jenis permukaan.

Mouse Tahun 2008
16.            Mouse sekarang : Mouse dengan teknologi laser 3,5G – 5600 dpi

Sumber :
http://www.hardwarekomputer.net/2014/11/pengertian-fungsi-mouse-pada-komputer-laptop.html
http://www.temukanpengertian.com/2013/01/pengertian-mouse.html
http://dosenit.com/hardware/mouse/macam-macam-mouse
https://wiwitwahyudi.blogspot.co.id/2013/04/sejarah-dan-perkembangan-mouse-komputer_21.html
http://www.pcplus.co.id/2014/03/fitur/sejarah-singkat-mouse-tetikus/
https://pixabay.com/en/computer-mouse-computer-device-152249/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

8 Cara Agar Anggota Grup WhatsApp Tidak Keluar

Ketika kamu menjadi admin grup WA, hal yang paling menyebalkan adalah ketika anggota grup keluar. Apapun alasannya, orang keluar dari ...