Sabtu, 11 Juni 2016

Keyboard: Pengertian, Jenis, dan Sejarah Perkembangannya



A.   Pengertian Keyboard
Keyboard adalah salah satu perangkat keras komputer yang memiliki macam-macam tombol.

Digunakan untuk memasukkan perintah, teks, data numerik dan jenis-jenis data lainnya dengan menekan tombol pada keyboard.

Keyboard


Macam-Macam Tombol Keyboard
Tombol Keyboard Alfanumeric :
Tombol ini merupakan kumpulan dari tombol tombol alfabel yang sama seperti dengan mesin mesin ketik terdahulu. 

Dalam bagian ini juga terdapat beberapa tombol tambahan seperti Capslock, Backspace, Enter, dll.

Tombol Keyboard Numerik :
Bagian ini merupakan tombol tombol yang berisi angka 0 - 9 beserta kumpulan tombol yang digunakan untuk operasi matematis yang umum seperti pada kalkulator. 

Pada keyboard yang umum, letak bagian tombol Numerik ini terletak pada bagian kanan.

Tombol Keyboard Modifikasi :
Bagian ini terdiri dari tombol Alt dan Ctrl dan dipergunakan untuk memperluas fungsi keyboard. 

Misalnya jika tombol tersebut ditekan bersamaan dengan salah satu tombol Alfanumerik akan memunculkan suatu perintah. Contohnya CTRL + C akan mempunyai fungsi "copy" pada windows.

Tombol Keyboard Fungsi : 
Tombol fungsi ini terletak pada bagian atas keyboard, tombol tombol keyboard fungsi tersebut berupa tombol F1 sampai F12. 

Tombol tombol ini berfungsi untuk memberikan perintah tertentu pada saat komputer sedang menjalankan software tertentu.

Tombol Keyboard Untuk Pergerakan Kursor :
Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan kursor dan terdiri dari tombol arah atas, bawah, kanan, dan kiri.


B.   Jenis-Jenis Keyboard
Jenis Keyboard Berdasarkan Bentuk Fisik
1.     Keyboard Serial

Keyboard Serial
Jenis keyboard ini menggunakan DIN 5 Male. DIN 5 Male ini adalah port pada keyboard serial yang memiliki 5 buah jarum-jarum untuk menghubungkan komputer dengan keyboard.

Jika salah satu mengalami kerusakan, maka keyboard ini tidak akan bisa digunakan.


2.     Keyboard PS/2
Keyboard PS/2
Jenis keyboard ini sama halnya dengan keyboard serial, namun penggunaannya di pakai untuk komputer yang berjenis ATX. 

Keyboard tipe ini harus dipasang dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse

Jenis keyboard inilah yang kebanyakan dipakai dan digunakan


3.     Keyboard Wireless
Keyboard Wireless
Jenis keyboard ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer, melainkan dengan koneksi infrared, Wifi, dan bluethooth. 

Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. 

Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.


4.     Keyboard USB
Keyboard USB
Jenis keyboard ini menggunakan konektor USB, yang menjamin proses transfer data yang lebih cepat. 

Karena proses pemasangan yang sangat mudah dan simple, Keyboard USB ini lebih banyak digunakan. Namun sayangnya keyboard ini rentan akan kerusakan


Jenis Keyboard Berdasarkan Susunan Tombolnya
1.     Keyboard QWERTY
Jenis keyboard ini tombolnya didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik (pada mesin ketik mekanik).
Keyboard QWERTY

Tata letak keyboard QWERTY ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905.

QWERTY diambil dari6 huruf berurutan pada baris kedua dari tombol alfanumerik tersebut. 

Keyboard QWERTY Meskipun tata letak QWERTY sangat luas pemakaiannya, tetapi memiliki beberapa kelemahan dan ketidak efisienan. 

Contoh paling nyata dari ketidakefisienan tata letak QWERTY adalah pengetikan huruf ‘a’ yang cukup sering dipakai, tetapi harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.


2.     Keyboard DVORAK
Jenis Keyboard ini susunan hurufnya disusun sedemikian rupa sehingga tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri.
Keyboard DVORAK

Sejumlah percobaan menunjukkan bahwa tata letak Dvorak lebih efisien 10-15 persen dibanding dengan tata letak QWERTY .


3.     Keyboard KLOCKENBERG
Jenis keyboard ini  menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah.
Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Tata letak ini, selain mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan juga dirancang untuk mengurangi beban otot pada tangan dan bahu.


4.     Keyboard Maltron
Jenis keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus
Keyboard Maltron

Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries) bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.


5.     Keyboard Chord
Keyboard Chord
Jenis keyboard ini hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel.


6.     Keyboard Alphabetik
Jenis keyboard ini disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak, tetapi susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet.
Keyboard Alphabetik

Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, barangkali tata letak ini cukup membantu. Tetapi, dari hasil pengujian, penggunaan tata letak seperti ini justru memperlambat kecepatan pengetikan.


7.     Keyboard Numeric
 Keyboard Numeric
Jenis keyboard ini tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau dengan tangan, dengan kata lain mengkhususkan pada tombol numerik (numeric keypad). Keyboard ini di gunakan untuk memasukkan bilangan yang jumlahnya besar.


8.     Epic-Bluethooth Virtual Keyboard
Jenis keyboard ini berbentuk epic bluethooth virtual. Keyboard ini muncul dengan lasar dan timbul laser di daerah datar seperti halnya senter.
 Epic-Bluethooth Virtual Keyboard

Bentuknya seperti memiliki bentuk QWERTY dan akan memungkinkan bisa mengetik dengan 350 karakter Permenitnya. Keyboard ini tidak hanya di gunakan pada laptop, tapi bisa juga di iPad, iPhone, Smartphone ataupun tablet.


C.   Sejarah Perkembangan Keyboard

Pada awalnya susunan keyboard yang asli rancangan Christopher Latham Sholes(1868) tidaklah Qwerty. Susunan awal ini memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat.

Namun karena terlalu cepatnya dalam mengetik, sampai – sampai sering timbul masalah. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu saling mengait/tersangkut antara satu dengan yang lainnya.

Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher Latham Sholes justru mengacak-acak urutan huruf itu sedemikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik.

Tujuannya untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya. Hal ini berarti susunan Qwerty adalah susunan yang paling tidak efisien karena ditujukan agar kita dapat mengetik dengan lebih lambat.

Akhirnya pada tahun 1973 susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan kemudian diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).

Sebenarnya ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. Sebut saja ASK (American Simplified Keyboard), yang umumnya disebut Dvorak yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940.

Susunan Dvorak menggunakan kelima vokal dan lima konsonan yang paling umum digunakan yaitu AOEUIDHTNS. Susunan Dvorak ini memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien.

Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya Dvorak harus kalah dengan susunan huruf Qwerty yang sudah banyak digunakan di dunia pada saat itu.

Susunan keyboard lainnya yang merupakan perkembangan dari susunan Qwerty adalah Qwertz yang dipakai di negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dan lain-lain. Azerty yang dipakai oleh negara Prancis dan Belgia, serta Qzerty, dan lain-lain.

Akhirnya QWERTY pun dinobatkan menjadi standar internasional pada tahun 1966 dan terus digunakan hingga saat ini. 

Meskipun dengan tampilan yang beda-beda, harga ataupun model yang berbeda-beda, orang-orang di dunia hampir bisa dipastikan menggunakan keyboard dengan tipe QWERTY seperti yang sekarang tengah digunakan.

Sumber  :
http://www.hardwarekomputer.net/2014/11/pengertian-keyboard-cara-kerja-dan-bagian-keyboard.html
http://www.diditsmile.xyz/2012/07/pengertian-dan-fungsi-keyboard-komputer.html
http://rizkynovi99.blogspot.co.id/2012/12/jenis-jenis-keyboard-komputer.html
http://dosenit.com/hardware/keyboard/jenis-jenis-keyboard-komputer
https://labkompmtsnbuaran.wordpress.com/tik/sejarah-perkembangan-keyboard-komputer/
https://pixabay.com/en/computer-keyboard-home-computer-158770/

2 komentar:

  1. semakin lama keyboard akan semakin kecil, bahkan hilang seiring munculnya keyboard virtual

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas kunjungannya..

    BalasHapus

8 Cara Agar Anggota Grup WhatsApp Tidak Keluar

Ketika kamu menjadi admin grup WA, hal yang paling menyebalkan adalah ketika anggota grup keluar. Apapun alasannya, orang keluar dari ...