Minggu, 19 Juni 2016

Flashdisk : Pengertian, Bagian-Bagian, dan Sejarah Perkembangannya



 A.   Pengertian Flashdisk
Flashdisk adalah alat yang memiliki fungsi utama untuk menyimpan data (mulai dari file teks (dokumen), file video, file audio, file image atau progran program lain) dengan kapasitas penyimpanan tertentu yang bisa diwa kemana-mana (portable).

Pengertian Flashdisk


Namun sekarang flashdisk tidak hanya untuk menyimpan data saja, kini flash disk banyak difungsikan sebagai alat untuk mempermudah penginstalan software aplikasi ke dalam komputer

Bahkan alat ini juga bisa digunakan untuk menginstal system operasi komputer secara mudah tanpa harus menggunakan DVD lagi.

Perbedaan Flashdisk dan USB
Banyak orang menganggap flashdisk dan USB dua perangkat yang sama, padahal kedua mempunyai perbedaan, adapun perbedaannya adalah :
1.     Perbedaan dari segi bentuk
USB memiliki bentuk port female pada komputer. Port USB ini biasanya terletak di bagian depan atau bagian belakang komputer. 

Sedangkan pada laptop port USB ini bisa ditemukan pada bagian samping berdekatan dengan CD Rom. Bentuknya persegi panjang tapi kecil.

Flashdisk memiliki bentuk bermacam-macam dijaman sekarang. Tapi, bentuk itu hanyalah cashing saja. 

Bentuk asli dari flashdisk adalah memiliki port male pada ujungnya, dan bagian bodinya menggunakan papan PCB yang terdiri dari beberapa chip.


2.     Perbedaan dari segi fungsi
USB memiliki fungsi sebagai tempat ditancapkannya flashdisk atau kabel data USB sebagai penghubung antar hardware dengan komputer. 

Hardware komputer yang biasanya menggunakan port USB sebagai penghubung adalah keyboard, mouse, flashdisk, harddisk ekternal, dan speaker.

Flashdisk memiliki fungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan dan memindahkan berbagai file pada komputer. 

Port yang digunakan pada flashdisk ini memang menggunakan port USB. Sehingga para user menganggap flashdisk ini sama dengan USB.

3.     Perbedaan dari segi tempat
USB melekat secara default pada papan motherboard komputer atau laptop. Posisinya tidak dapat berpindah-pindah. 

USB ini juga tidak dapat dicabut begitu saja jika Anda sudah tidak membutuhkannya. Apabila Anda mencabutnya maka bisa dijamin komputer atau laptop Anda itu akan error atau rusak.

Flashdisk bisa Anda bawa kemana-mana bisa dicabut dan dipasang sesuka hati Anda. Karena, memang fungsinya adalah sebagai media penyimpanan portable.


B.   Bagian-Bagian Flashdisk

Bagian-Bagian Flashdisk

1.     Konektor
Bagian / komponen ini berada pada ujung flashdisk dan berfungsi untuk menghubungkan perangkat flashdisk kedalam komputer melalui Port USB.

2.     Kontroler
Bagian ini biasa disebut juga dengan USB Mass Storage Controller dan berfungsi untuk memproses perintah dari komputer karena bagian ini memiliki ROM dan RAMseperti pada mikroprosesor komputer.

3.     Osilator Kristal
Komponen Osilator Kristal ini bertugas untuk mengatur denyut listrik, frekwensi clock yang dihasilkan adalah 12 MHz. Clock generator sejenis Osilator Kristal ini terdapat pada semua komponen elektro agar bisa terhubung dengan perangkat lainnya.

4.     Board / PCB
Printed Circuit Board merupakan tempat berdiri semua komponen komponen flashdisk. Bagian ini seperti Motherboard pada CPU komputer.

5.     Flash Memory
Bagian ini berfungsi untuk menyimpan semua data data pada flasdisk. Istilah flash digunakan karena teknologi yang digunakan mampu menghapus data yang tersimpan secepat kilat layaknya kamera flash.


C.   Sejarah Perkembangan Flashdisk
Penemuan Flash Memory (NOR dan NAND) oleh Dr Fujio Masuoka tahun 1984 ketika sedang bekerja pada Toshiba sedangkan nama flash sendiri diberikan oleh koleganya yaitu Mr. Shoji Ariizumi. 

Type flash chip type NOR yang diperdagangkan dikenalkan oleh intel pada tahun 1988. 

Perkembangan flash disk sangat pesat. Flash disk saat pertama kali dipasarkan pada tahun 2000 hanya berkapasitas 8 MB. 

Tahun 2011, hanya berselang 11 tahun, kapasitas flash disk terbesar yang dipasarkan adalah 256 GB, 32000 kali lipatnya.

Perkembangan secepat ini disebabkan peneliti sudah menemukan teknologi yang semakin canggih. 

Material yang tersedia pun semakin lama semakin canggih, terutama setelah ditemukan dan berhasil dimanfaatkannya logam semikonduktor.

Tidak hanya disknya, port USB-nya pun terus berkembang. USB port yang pertama dikenalkan pada tahun 1996, USB 1.0, memiliki kecepatan transfer data maksimum 12Mbit/s. 

Sedangkan USB 2.0,  yang dikeluarkan pada tahun 2000, memiliki kecepatan transfer data 480 Mbit/s. 40 kali lipat dari USB 1.o.

Kemudian tahun 2010 dipasarkan USB 3.0 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 5Gbit/s, 10 kali lipat dari USB 2.0. Sangat terlihat perkembangan flash disk dari tahun ke tahun.

Dalam waktu 11 tahun saja, kapasitas flash disk sudah bertambah hingga 32000 kali lipat dan kecepatan transfernya bertambah 10 kali lipat. 

Hal ini menunjukkan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Tidak terbayang apa yang akan terjadi 10 tahun yang akan datang.

1.     Kemampuan Membaca Dan Menyimpan Data
Kemampuan flashdisk untuk membaca dan menyimpan data biasanya tidak sama tergantung dari kapasitas flasdisk dan merek flashdisk tersebut. 

Pada umumnya kecepatan flashdisk membaca data lebih tinggi dibanding kecepatan menyimpan data.

Tambahan kabel saat pemakaian juga mempengaruhi kecepatan transfer data. Jika mengkoneksikan USB flashdisk dengan kabel maka sistem transfer data dari flashdisk akan semakin melambat.

2.     Harga
Jangan tertarik dengan harga murah. Kualitas barang berbanding lurus dengan harga, jangan tertarik dengan harga murah meskipun flashdisk tersebut memiliki kapasitas besar, sebelum membeli telitilah dahulu

3.     Lokasi Penjualan
Sebaiknya membeli flashdisk pada toko langganan atau toko resmi. Tidak masalah harga lebih mahal sedikit tetapi pemakaian flashdisk lebih tahan lama dibanding membeli dengan harga murah tetapi lebih cepat bermasalah atau rusak karena kualitasnya tidak terjamin atau palsu.

4.     Merek Flasdisk
Manfaatkan berbagai informasi yang mengulas tentang flashdisk yang akan di beli. Informasi-informasi tersebut dapat anda lihat di situs-situs di internet.

5.     Kondisi Fisik
Usahakan untuk mencari flashdisk yang memiliki kualitas bahan yang baik dengan bentuk bagus dan bisa meyakinkan. 

Casing yang kuat sangat di butuhkan untuk melindungi bagian dalam dari flashdisk, karena dalam pemakaiannya flashdisk akan berulangkali ditancapkan dan dicabut sehingga dibutuhkan casing yang kuat.

Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk Dibanding Media Penyimpanan Lainnya
1.     Kelebihan flashdisk dibanding media penyimpanan lainnya 
a.     Ukuran yang lebih ringkas yang berarti mudah untuk dibawa kemanapun tanpa harus membutuhkan tempat yang lebih besar. 
b.     Harganya yang semakin terjangkau 
c.      Kapasitasnya semakin lama semakin besar dan mendekati kapasitas hard disk komputer desktop, seperti yang saya jelaskan diawal tadi
d.     Bentuknya yang sangat menarik dibandingkan media penyimpanan lainnya. 

2.     Kekurangan flashdisk dibanding media penyimpanan lainnya. 
a.     Ukuran yang kecil memang suatu kelebihan, namun bisa menjadi bencana karena terkadang kita lupa meletakkannya, intinya sangat mudah hilang
b.     Kecepatan baca tulis masih dibawah media penyimpanan lain seperti harddisk eksternal. Ini saya rasakan sendiri. Kalau menginginkan kecepatan yang tinggi kita harus membayar  flashdisk dengan harga yang lebih tinggi lagi 


Sumber :
http://abang-palu.blogspot.co.id/2014/10/mengenal-pengertian-dan-fungsi-flash.html
http://www.hardwarekomputer.net/2014/11/pengertian-usb-flashdisk-dan-bagian-flashdisk.html
http://segiempat.com/tekno/komputer-tekno/perbedaan-flashdisk-dan-usb/
http://syamunal.blogspot.co.id/2015/06/sejarah-flashdisk.html
http://bangbiw.com/5-tips-memilih-dan-membeli-flashdisk/
http://www.sangpengajar.com/2015/06/inilah-tips-memilih-flashdisk.html
http://www.chodirin.or.id/tips-memilih-dan-membeli-flash-disk.html/comment-page-1
http://www.tutorial-pc.com/2015/06/sejarah-flashdisk-dan-perkembangannya.html
https://pixabay.com/en/flash-drive-usb-memory-disk-40301/

2 komentar:

  1. Betul sekali, saya pernah beli flashdisk krn tergiur dgn harganya yg murah dan kapasitasnya besar.ternyata ga bertahan lama.akhirnya harus rela kehilangan file2 penting krn flashdisknya gak bs dibuka lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas kunjungannya mas teguh

      Hapus

41 Istilah Kamera Digital yang Perlu Diketahui Para Pecinta Fotografi

Banyak orang yang menyukai kamera digital. Bukan saja mereka yang berprofesi fotografer, atau mereka yang hobi fotografi. Ternyata k...