Senin, 30 Mei 2016

Video Card : Pengertian, Fungsi, Jenis, Komponen, dan Sejarahnya



A.   Pengertian Video Card
Video card ( yang dalam bahasa indonesia disebut kartu video atau dikenal sebagi kartu layar, kartu grafis atau adaptor grafis) adalah sebuah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar yang di layar.

Video Card

VGA kepanjangan dari Video Graphics Acceleratoryang berfungsi mengolah data graphis untuk ditampilkan pada layar monitor, VGA juga memiliki prossesor yang di sebut GPU


B.   Fungsi Video Card
Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor.

Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.

C.   Jenis-Jenis Video Card
VGA terdiri atas dua jenis, yaitu: VGA onboard dan VGA Card (dengan kartu VGA).
1.     VGA Onboard
VGA onboard adalah unit pemroses yang telah menyatu pada motherboard, maka VGA card tidak diperlukan lagi. 

Keberadaan chipset VGA onboard ini tidaklah bersifat tetap karena VGA onboard ini dapat diatur untuk tidak aktif jika user ingin memasang VGA card yang diinginkannya.
VGA Onboard

Sejak IBM PC lahir pada tahun 1981 nyaris semua PC mempunyai memori terpisah untuk frame buffer, yaitu block memori dimana gambar yang keluar di layar monitor dipetakan. 

Ini bukan masalah bagi sistem yang memiliki video monochrome bebasis karakter. Karena frame buffer yang diperlukan hanya 2 KB.

Tetapi GUI (Graphical User Interface) yang berbasis modern yang memerlukan layar bit mapped yang bersolusi tinggi dan warna sejati sangat rakus memori.

Layar beresolusi 640 x 480 pixel dengan warna 8 bit meminta frame buffer sebesar 300 KB.

Sementara layar beresolusi 1024 x 768 pixel dengan warna 24 bit memerlukan memori sebesar 2,25 MB. Frame buffer yang dedicated berukuran tetap.

Tidak perduli mode layar yang sedang digunakan frame buffer harus mampu mengakomodasi resolusi paling tinggi dan kedalaman warna terbaik yang dapat didukungnya.

Software tidak bisa memanfaatkan memori sisa dari frame buffer walaupun yang digunakan adalah resolusi rendah dan 16 warna. 

Ini penyebabnya oleh cara pemaketan Video dan konfigurasinya dalam sub sistem grafis yang khusus.

Dengan demikian, ber- Mega-mega byte memori tersia-siakan. UMA (Unified Memori Architecture) menyatukan frame buffer dengan memori utama.

2.     VGA Card (dengan kartu VGA)
Sejak sistem PC IBM pertama, didalam komputer pasti ada unit kartu grafis, entah itu CGA, EGA, MCGA , VGA, atau yang lain. 

Dengan menggunakan kartu VGA bukan onboard maka akan didapatkan kinerja yang lebih baik daripada sistem yang menggunakan UMA (Unified Memori Architecture).
VGA Card (dengan kartu VGA)

Jika dulu sebuah kartu grafis 8 bit dengan memori 512 KB yang dapat menampilkan 256 warna pada resolusi 640 X 480 sudah cukup, maka sekarang tidak lagi. Kebutuhan minimal untuk komputer multimedia adalah kartu grafik 64 bit dengan memori 1 MB.

Berdasarkan jenis slot, atau bagian dari vga yang terpasang ke komputer, maka dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, antara lain:
1.     Graphic Accelerator 
Chipset-chipset masa kini sudah memasukkan kemampuan akselerasi 3D built in pada kartu VGA. 

Selain kartu VGA, sekarang ada pheriperal komputer pendukung yang dinamakan 3D accelerator. 

3D accelerator berfungsi untukuk mengolah/menterjemahkan data/gambar 3D secara lebih sempurna.
Graphic Accelerator

Software/game yang mendukung fasilitas ini mulai berkembang, yang sudah terkenal adalah dukungan terhadap 3D accelerator yang memiliki chipset VooDoo 3D FX, Rendition Verite, dan Permedia 3D Labs.


2.     VGA PCI
VGA PCI
VGA PCI, vga card ini bisa digunakan dengan memasang pada slot vga, vga jenis ini sudah jarang sekali digunakan, karena keterbatasan fitur.

Ciri-cirinya adalah bagian slot-nya pada bagian depan terdapat coakan, dan jenis pin-nya lurus secara vertikal

3.     VGA AGP
VGA Jenis AGP, awal dibuatnya VGA AGP karena peningkatan yang signifikan terhadap transfer data dari memory, cpu ke peralatan display, sehingga dibuatkan slot agp untukuk memasang vga jenis agp.

Vga agp diluncurkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan, yaitu agp 1x dan 2x dengan voltase 3.3 v, sedangkan 4x dan 8x 1,5 volt. vga agp terakhir yang muncul adalah jenis pro dan pro universal dengan kemampuan 3.3 dan 1,5 volt.
VGA AGP

Ciri-ciri vga ini adalah bentuk pin-nya yang vertikal dengan bentuk mirip formasi sarang lebah, berikut adalah gambar VGA AGP dan slot-slot AGP-nya


4.     VGA PCI Express

VGA PCI Express
VGA PCI Express, perkembangan slot pci selanjutnya memiliki kemampuan yang luar biasa, dengan nama PCI Express, dirancang untukuk memasang peralatan-peralatan mutakhir

2 versi slot PCI Express yang terkenal adalah PCI Express 1 x dan 16 x. PCI Express 16 x digunakan khusus untukuk memasang vga jenis PCI Express, dan 1x untukuk keperluan memasang peralatan-peralatan tambahan. 

Ciri fisik vga jenis pci express adalah dengan melihat bentuknya yang memiliki bentuk kebalikan dari PCI biasa.


D.   Komponen Video Card
Komponen yang ada dalam Kartu Grafis
1.     GPU (Graphic Processing Unit)

GPU (Graphic Processing Unit)
GPU adalah prosesor dari sebuah video card, dan berfungsi untuk pengolahan data gambar yang akan ditampilkan di layer monitor.


2.     Video Memory
Video Memory
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum dan sesudah pemrosesan data pada GPU.


3.     RAMDAC (Random Access Memory Digital Analog Converter)
RAMDAC (Random Access Memory Digital Analog Converter)
Berfungsi mengubah gambar digital menjadi sinyal analog agar bisa digunakan oleh monitor.


4.     Bus Interface
  Bus Interface
Berfungsi menghubungkan motherboard dengan kartu grafis. Pada umumnya, bus interface ini tipe AGP dan PCI-Express.


5.     Display Interface
Display Interface
Berfungsi menghubungkan kartu grafis dengan monitor. Umumnya terdapat 3 port display, antara lain DVI, TV-out, dan VGAÂ


6.     Heatsink dan Fan
Heatsink dan Fan
Berfungsi sebagai pendingin kartu grafis.


E.   Sejarah Video Card
Video card digunakan sejak pc pertama yaitu pada IBM PC pada tahun 1981.Berikut sejarah perkembangannya.
1.     MDA (Monochrome Display Adapter).
MDA (Monochrome Display Adapter)
Video card PC pertama yang dibuat oleh IBM ini dirilis bersama dengan IBM PC pertama tahun 1981.MDA hanya untuk mode teks menampilkan 80 kolom dan 25 baris teks di layar.


2.     CGA (Color Grapich Adapter).
Dirilis tahun 1981,CGA buatan IBM merupakan kartu grafis bewarna yang pertama.CGA memiliki memori 16KB dengan mikroprosesor Motorola MC6845. 

CGA (Color Grapich Adapter).

Resolusi maksimalnya 640×200 dan mendukung penampilan 16 warna. Selain itu dapat disambungkan ke monitor CRT, CGA juga dapat menggunkan televisi. 

Selain menampilkan beberapa mode grafis,adapter ini juga mendukung mode teks.


3.     HGC (Hercules Grapich Card).
 HGC (Hercules Grapich Card).
Dikeluarkan tahun 1982 oleh computer Technology Inc.HGC cukup banyak digunkan.Selain mendukung  mode teks resolusi tinggi (80 kolom×25baris).

Juga memiliki satu mode grafis resolusi 720×384 dengan 2warna.HGC yang menggunakan memori 64KB ini cukup populer di jamannya.


4.     PGC (Professional Grapich Controller atau PGA=Professional Grapich Adapter).
PGC (Professional Grapich Controller atau PGA (Professional Grapich Adapter)).
Kartu grafis yang dibuat IBM tahun 1984 ini berkemampuan sangat baik dengan memiliki fitur akselerasi 2D dan 3D untuk aplikasi CAD.

Mendukung resolusi 640×480 denagn 256 warna 60 frame per second, VGA sebenarnya lebih ditujukan untuk komputer workstation dengan aplikasi utama CAD.Kemampuan itu didayai oleh mikroprosesor intel 8088 dengan RAM 320KB.


5.     EGA (Enhaced Grapich Adapter).
Dibuat oleh IBM pada 1984,EGA dipaka pada IBM PC/AT.EGA menghasilkan 16 warna dengan palette 64 pada resolusi 640×350 pixel.

Selain pengolah grafis video Motorola MC6854 dan RAM 64KB yang dapat ditingkatkan sampai 256KB, di dalamnya juga disertai dengan ROM 16KB sebagai ekstensi dari BIOS sistem.Kartu EGA di pasang pada bus PC ISA.
EGA (Enhaced Grapich Adapter).

Pihak ketiga seperti ATI Technologies dan paradise membuat clone EGA yang memiliki mode grafis 640×400,640×480 dan 720×540,secar otomatis dapat mendeteksi tipe monitor.


6.     MCGA (Memory Controller Gate Array).
PC model IBM PS/2 yang diluncurkan pada april dan agustus 1987 menggunakan MCGA,bukan berupa kartu tetapi terintegrasi pada motherboard. MCGA memang tak pernah dibuat dalam format kartu oleh IBM.
MCGA (Memory Controller Gate Array).

MCGA menampilkan resolusi 320×200,256 warna dan 640×480 monokrom.

Beberapa game dimainkan di EGA 16 warna, seperti sierra On-line dan Lucasfilm Games yang saat itu sangat polpuler,mendukung MCGA denagn tampilan 320×200 256 warna.


7.     VGA (Video Grapich Array)
Lagi-lagi VGA diluncurkan IBM bersama dengan IBM PS/2 pada tahun 1987.Dengan resolusi 640×480 16 warna dan teks 80×25,VGA merupakan standar tampilan grafis yang diperkenalkan IBM.
VGA (Video Grapich Array)

Selain itu VGA juga dapat menampilkan resolusi 320×200 dengan 256 warna.

VGA diterima secara luas dan sangat populer sehingga beberapa perusahaan seperti ATI, Cirrus Logic dan S3 juga memproduksi card VGA.

Bahkan dengan tambahn fitur,seperti resolusi yang ditingkatkan dan dukungan jumlah warna yang lebih banyak.

VGA dengan memori 256KB digantikan oleh  SUPER VGA.Dan IBM sendiri tiga tahun kemudian menggantikannya dengan standar baru,yaitu XGA.


8.     SVGA (Super Video Grapich Array atau Ultra Video Grapich Array).
Awalnya super VGA merupakan penyempurnaan dari standar VGA. Sebenarnya super VGA muncul pada tahun yang sama dengan VGA.

Tetapi kemudian pada tahun 1898, VESA (Video Electronic Standars Association)-sebuah konsorsium yang mempromosikan interoperebilitas dan menetapkan standar – mendefinisikan standar super VGA.
 SVGA (Super Video Grapich Array atau Ultra Video Grapich Array).

Resolusi tampilannya 800×600 4-bit pixel.setiap pixel dapat berupa 16 warna yang berbeda.

Kemudian disempurnakan lagi resolusinya menjdai 1024×768 8-bbit pixel,dan disempurnakan lagi pada tahun tahun berikutnya.

Super VGA digantikan oleh Super XGA,tetapi nyatanya Super VGA terus dipakai,da disempurnkan.

Super VGA banyak dipakai antara akhir dekade 1990-an sampaai tahun 2000-an.

Perusahaan-perusahaan seperti Matrox, Creative, S3, ATI, dan lainnya,tahun 1995 memproduksi kartu grafis 2D/3D yang mengikuti standar super VGA tetapi disertai fungsi 3D.

SVGA menggunkan konektor VGA yaitu DE-15 atau banyak disebut juga HD-15.Tahun 1998 standar SVGA menampilkan resolusi 1280×1024 dengan 16,7 juta warna.


9.     Tahun 1997, 3dfx merilis chip grafis voodoo yang memilki fitur efek 3D seperti mip mapping,Z-Buffering,dan anti-aliasing.

    Kemudian kartu grafis 3D bermunculan dipasar,seperti voodoo2 dari 3dfx,TNT dan TNT2 dari NVIDIA.
Video Card Voodoo

Saat itu kartu grafis tersebut menggunakan slot bus PCI. Kemudian intel mengembangkan bus AGP (accelerated grapich port) yang mengatasi hambat bandwith antara CPU dan kartu grafis 

Tahun 1999 sampai 2002 NVIDIA menguasai pasar dengan produknya seri GEFORCE.Selain NVIDIA, tahun 2003 ATI juga memiliki pasar yang besar dengan produknya Radeon.

Sumber :
http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-kartu-grafis-video-card-display-card-graphics-card-atau-graphics-adapter/
http://solusikompi.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-dan-fungsi-vga-card.html
https://ahmedhambal.wordpress.com/2011/09/19/sejarah-perkembangan-vga-card/
https://cora-san.blogspot.co.id/2015/10/definisi-dan-sejarah-perkembangan-video_14.html
https://pixabay.com/en/video-card-informatics-technology-572659/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kolom Komentar Blog Kamu Bermasalah? Ganti Aja Dengan Disqus

Beberapa bulan lalu komentar blog ini bermasalah Tidak bisa membalas komentar orang yang sudah berkomentar Lalu saya coba googling u...