Senin, 02 Mei 2016

Scanner : Pengertian, Sejarah, Dan Jenisnya



A.   Pengertian Scanner
Scanner adalah suatu alat yang di gunakan untuk memindai suatu bentuk, foto, dokumen, dan lain lain. Pada umumnya, scanner digunakan bersama dengan komputer sebagai hardware, dan hasil dari scanner berupa data digital. Hasil pemindaian pada umumnya akan ditransformasikan komputer dengan scanner itu , bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer 

Scanner

B.   Sejarah Scanner
Sejarah perkembangan scanner berawal pada tahun 1975, ketika Ray Kurzweil dan timnya menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Software ini berfungsi mengenali teks yang ada dalam objek yang discan dan menerjemahkannya menjadi data dalam bentuk teks. 

Dari awal perkembangan itulah teknologi scanner berawal dan akhirnya terus berkembang sampai saat ini dengan teknologi yang semakin lama semakin maju. Kini scanner sudah dapat digunakan untuk menscan objek tiga dimensi dan film negatif.

Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC).

Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.

Pada saat ini, scanner sudah semakin berkembang dengan pesat. Banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk, diantaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX , Panasonic, Samsung, Fujitsu, Lexmark dan masih banyak lagi brand scanner yang lainnya yang semakin berkembang dengan pesat seiring penemuan baru teknologi scanner.

Penemuan scanner sangat terkait dengan perkembangan teknologi photography,fotokopi dan optical machine. Penemu scanner adalah Robert S. Ledley  lahir di Newyork, Amerika Serikat pada tahun 1926. Hingga akhirnya pada tahun 1943 lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mesin temuannya itu di namakan Automatic Computerized Transverse Axial (ACTA).

C.   Jenis-Jenis Scanner
Adapun jenis-jenis scanner yang sering kita temui sebagai berikut :
1.     Flat Bed Scanner
Flat Bed Scanner
Scanner jenis ini adalah scanner yang sering kita temui, yaitu entuknya yang persegi panjang. Memiliki sebuah papan penutup, dan lapisan kaca tempat meletakkan gambar. Cara penggunaan scanner ini adalah dengan meletakkan objek yang akan di scan di atas kaca pemindai kemudian sensor pemindai akan bergerak menyusuri objek untuk memperoleh hasilnya.

2.     Handandheld Scanner
Handandheld Scanner
Handandheld Scanner adalah scanner yang di oprasikan menggunakan tangan. Untuk mengoprasikan scanner ini di butuhkan sedikit keahlian khusus, karena cukup sulit menggerakkan scanner secara manual. Scanner ini banyak di gunakan pada supermarket (barcode). 

Sumber :
http://tekojari.blogspot.co.id/2013/05/sejarah-scanner.html
http://riskydoank.blogspot.co.id/2012/02/perkembanganteknologi-scanner.html
https://pixabay.com/en/scanner-digital-scanner-computer-146465/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

41 Istilah Kamera Digital yang Perlu Diketahui Para Pecinta Fotografi

Banyak orang yang menyukai kamera digital. Bukan saja mereka yang berprofesi fotografer, atau mereka yang hobi fotografi. Ternyata k...