Jumat, 22 April 2016

Casing Komputer : Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya




 A.   Pengertian Casing Komputer
Casing Komputer adalah kotak atau rumah komputer adalah tempat terletaknya Processor (CPU), Motherboard dan peranti-peranti yang lain. Pada casing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply , harddisk drive dan komponen-komponen yang lain.

Casing Komputer
 
B.   Fungsi Casing Komputer
1.     Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja

2.     Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal macam motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari.

3.     Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang pun, menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu dalam CPU.

4.     Casing PC yang juga amat penting adalah sebagai tempat dudukan tombol-tombol maupun lampu-lampu

5.     Casing juga punya tugas penting yaitu sebagai “kediaman” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.

C.   Jenis-Jenis Casing Komputer
1.     Jenis Casing Komputer Berdasarkan Bentuknya
a.     Casing Desktop
Casing Desktop
Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm.

Secara umum casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan pada ketika ini sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk hard disk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.

b.     Casing Tower
Komputer 80486 ke atas menggunakan casing tower, selain memakan sedikit tempat sebagai pijakan, ruangan di dalam casing komputer lebih luas, sehingga suhu dalam casing komputer tidak cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya.

Casing Tower
 Casing komputer jenis tower terdiri dari:
1)    Mini tower
Mini tower
Casing mini tower, middle tower, dan tower pada dasarnya hampir sama. Yang membedakan dari jenis-jenis tersebut adalah ukuran, baik tinggi, lebar atau panjangnya.

2)    Middle tower
 Middle tower
Casing tower dipasaran juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.

3)    Casing Mini Itx
Casing Mini Itx
Jenis casing mini-itx  ini akan banyak ditemui di kantor-kantor dan POS ( point of Sales).  POS adalah tempat seperti di loket loket pembayaran atau loket parkir serta seperti  untuk showroom seperti pameran  dan lain lainya yang mengutamakan space yang terbatas dan  keindahan product.

2.     Jenis Casing Komputer Berdasarkan Kegunaannya
a.     Casing Gaming
Casing Gaming
Casing gaming ini biasanya berjenis full tower dan mid tower, karena casing ini kegunaanya untuk para gamers yang membutuhkan ruang yang lebar untuk hardwarenya. Selain itu casing gaming ini biasanya berbentuk sangat menarik, banyak fan case nya serta banyak LED yang menyala untuk menambah kesan menariknya

b.     Casing Value
Casing Value
Casing value ini biasanya dipakai oleh orang-orang awam, karena selain harganya murah Casing ini juga dilengkapi dengan PSU. Casing value ini cocok untuk orang- orang yang merakit komputer untuk kegiatan-kegiatan mengetik dokumen, berselancar internet, serta berkirim email.

c.      Casing Without PSU
Casing Value
Casing tanpa PSU atau Without PSU biasanya berjenis mid tower, karena biasanya PSU bawaan casing tidak true power. Sehingga orang-orang banyak yang memilih Casing yang tanpa Power Supply.

Selingan :
Setelah membaca artikel di atas mungkin kepala anda jadi penat, mudah-mudahan dengan humor dibawah ini bisa mengurangi kepenatan anda.

Mencari Pasangan di Komputer

Seorang bujangan bertanya kepada komputer untuk dapat menemukan pasangan yang sempurna:
"Saya ingin pendamping hidup yang imut dan lucu, mencintai olahraga air, dan menikmati kegiatan kelompok."
Komputer datang dengan jawabannya: "Menikahlah dengan seekor penguin."


Menentukan Gender Komputer

Seorang guru bahasa Spanyol sedang menjelaskan kelasnya bahwa bahasa Spanyol tidak seperti bahasa Indonesia, di mana kata benda dalam bahasa Spanyol ditunjuk sebagai maskulin atau feminin.
"Rumah" misalnya, adalah feminin: "la casa."
"Pensil," bagaimanapun, adalah maskulin: "el lapiz."
Seorang siswa bertanya, "Apa gender dari 'komputer'?"
Alih-alih memberikan jawaban, guru membagi kelas menjadi dua kelompok, pria dan wanita, dan meminta mereka untuk memutuskan sendiri apakah "komputer" harus menjadi maskulin atau kata benda feminin. Setiap kelompok diminta untuk memberikan empat alasan untuk rekomendasinya.
Kelompok pria memutuskan bahwa komputer pasti harus dari jenis kelamin feminin ("la Computadora") karena:
1.     Tidak ada satu pun yang bisa memahami logika internal mereka kecuali 'Pencipta' mereka.
2.     Bahasa yang mereka gunakan untuk berkomunikasi dengan komputer lain tidak bisa dipahami orang lain.
3.     Bahkan kesalahan terkecil disimpan dalam memori jangka panjang untuk kemungkinan diambil kembali nanti; dan
4.     Segera setelah anda membuat komitmen untuk membeli satu unit, anda menemukan diri anda menghabiskan setengah gaji anda pada aksesoris untuk komputer itu.
Kelompok perempuan menyimpulkan bahwa komputer adalah maskulin ("el computador") karena:
1.     Agar bisa melakukan apa-apa dengan mereka, anda harus 'menyalakan' mereka.
2.     Mereka memiliki banyak data tapi masih tidak bisa berpikir sendiri.
3.     Mereka seharusnya untuk membantu anda memecahkan masalah, tapi separuh waktu, mereka adalah masalah; dan
4.     Begitu anda berkomitmen untuk satu, anda menyadari bahwa jika anda mau menunggu sedikit lebih lama, anda bisa mendapatkan model yang lebih baik.
Para wanita menang.


Sumber :
http://redtobelitask1.blogspot.co.id/2015/05/casing-pc-personal-computer.html
https://cbmcase.wordpress.com/definisi-casing-komputer/
https://pixabay.com (sumber gambar)
https://www.ketawa.com (sumber humor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Antivirus Smadav

Smadav adalah perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menye...